Cerita di Balik Aksi Heroik Petugas Damkar di Pangkep Selamatkan Bocah Tenggelam

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 27 Jan 2019, 10:12 WIB

Fokus, Pangkep - Aksi heroik yang dilakukan enam orang petugas pemadam kebakaran di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Mereka berhasil menyelamatkan seorang bocah yang terjatuh ke dalam parit sedalam satu meter dan terjebak di gorong-gorong.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (27/1/2019), dalam video amatir yang direkam oleh seorang warga, memperlihatkan detik-detik penyelamatan seorang balita berusia 3 tahun yang nyaris tewas  tenggelam. Peristiwa di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, itu seketika viral di media sosial.

Dalam misi penyelamatan tersebut, enam orang petugas pemadam kebakaran Kabupaten Pangkep itu langsung turun ke dalam selokan. Tiga petugas berjaga di sisi bawah, dan tiga lainnya berjaga di sisi depan. Petugas sempat kesulitan saat mengevakuasi korban, lantaran ketinggian air dalam gorong-gorong mencapai satu meter usai diguyur hujan deras.

Namun salah satu petugas bernama Iksan Salam, nekat menyelam ke dalam gorong-gorong dan berhasil menemukan bocah tersebut dalam kondisi tidak sadarkan diri setelah tenggelam selama beberapa menit. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit dan nyawanya pun berhasil selamat.

Kejadian tersebut berawal saat korban tengah asyik bermain di pinggir parit, tiba-tiba terjatuh dan terbawa arus air yang deras akibat hujan sebelumnya. Korban terseret dan masuk ke dalam gorong-gorong. (Galuh Garmabrata)