DBD Semakin Mewabah Menelan Korban Jiwa

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 27 Jan 2019, 09:54 WIB

Fokus, Cimahi - Wabah demam berdarah dengue (DBD) di sejumlah daerah semakin mengkhawatirkan. Ratusan kasus dalam sebulan terakhir terjadi di Cimahi dan Purwakarta, Jawa Barat. Bahkan DBD telah menelan korban jiwa.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (27/1/2019), RSUD Cibabat, Kota Cimahi, terpaksa harus menambah sejumlah ruangan untuk menampung para pasien DBD. Dalam sebulan terakhir, rumah sakit milik pemerintah itu setiap harinya menerima pasien yang terjangkit DBD dari berbagai wilayah, sehingga beberapa ruangan rawat inap rumah sakit sudah penuh.

Bahkan terlihat di ruangan instalasi gawat darurat atau IGD rumah sakit, sudah dipenuhi pasien yang terus berdatangan untuk dilakukan pemeriksaan cek darah. Dinas kesehatan mencatat wabah DBD cukup tinggi mencapai 119 kasus, satu di antaranya meninggal dunia.

Hal serupa juga terjadi di RSUD Bayu Asih Purwakarta. Puluhan pasien penderita DBD menjalani perawatan intensif. Bahkan akibat wabah DBD, satu orang anak berusia tujuh tahun meninggal dunia.

Intensitas hujan yang tinggi dan kurangnya kebersihan lingkungan menjadi salah satu penyebab mudahnya demam berdarah berjangkit, sehingga diharapkan warga menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungannya. (Galuh Garmabrata)