Sukses

Wapres JK Beri Penganugerahan Satyalancana Kebaktian Sosial bagi Para Pendonor Darah

Dalam kesempatan yang sama JK juga meminta program DDS dapat meningkat agar memperbaiki kualitas sumber darah.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri penganugerahan Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS) bagi para Donor Darah Sukarela (DDS) 100 kali yang diselenggaran oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Sabtu (26/1/2019).

JK memberikan penganugerahan kepada kepada 23 perwakilan DDS 100 kali dari 23 provinsi yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Riau, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, DKI Jakarta, DIY, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Papua.

Dalam kesempatan yang sama JK juga meminta program DDS dapat meningkat agar memperbaiki kualitas sumber darah. Agar kata JK bisa menunjang rumah sakit untuk bisa lebih baik lagi. Tidak hanya itu, JK yang juga sebagai Ketua PMI menjelaskan beberapa bulan kedepan pabrik kantor darah akan beroperasi.

"Itu akan kita tingkatkan lagi untuk berbagi kegiatan, karena tadi disampaikan nanti insyaallah beberapa bulan kedepan pabrik kantong darah sudah beroperasi, kemudian fraksinasi darah dengan berbagai aturan sehingga memakan waktu yang lama," kata JK di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Sabtu (26/1/2019).

Kemudian JK juga menjelaskan hingga saat ini, PMI masih bisa mencapai target untuk memenuhi ketersediaan kantong darah. Dia menjelaskan pihaknya bisa mendapat 3,4 juta kantung darah dan setelah diolah mencapai 5,4 juta.

"Sehingga dapat memenuhi kantong yang dapat memenuhi meningkatkan ketersediaan darah, bukan hanya bisa seminggu bisa sebulan untuk kita semua dan akan selalu meningkat. Apalagi dengan sistem kesehatan lewat BPJS, makin banyak masyarakat yang ke rumah sakit berarti makin banyak kebutuhan darah dibutuhkan untuk kita semua" kata JK.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Apresiasi Pemerintah

Sebanyak 840 DDS 100 kali dari 23 Provinsi mendapatkan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial pada Sabtu, 26 Januari 2019 di Hotel Sahid Jakarta. Kegiatan yang digelar setiap tahun ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Republik Indonesia (RI) terhadap warganya yang telah melakukan kegiatan di bidang sosial. Provinsi Jawa Timur mengirimkan DDS 100 kali terbanyak dengan 353 orang.

Para DDS 100 kali terdiri dari 819 DDS laki-laki dan 21 DDS perempuan. Di antara para pendonor terdapat DDS 100 kali tertua, FX. Sudaryanto (75 tahun) dari Provinsi DKI Jakarta, DDS 100 kali termuda, Nico Samuel (40 tahun) dari Banten, DDS 100 kali termuda Apheresis, Agung Satriyo (29 tahun), DDS 100 kali terbanyak, Syahroni (61 tahun) dari DKI Jakarta dengan 143 kali berdonor.

Repoter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.