Sukses

Jokowi Soal Tabloid Indonesia Barokah: Saya Baca Dulu, Baru Komentar

Jokowi mengaku tak tahu apakah tulisan dalam tabloid tersebut tergolong kampanye hitam, negatif kampanye atau masuk dalam bagian pelanggaran pemilu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi angkat bicara tentang peredaran tabloid Indonesia Barokah saat masa kampanye Pilpres 2019. Jokowi mengaku belum bisa berkomentar soal tabloid tersebut.

"Ya enggak tahu. Saya belum pernah baca (tabloid Indonesia Barokah). Kalau (sudah) baca, baru nanti ngomong. Saya belum baca," ucap Jokowi di Kota Bekasi Jawa Barat, Jumat (25/1/2019).

Jokowi mengatakan akan membaca Tabloid Indonesia Barokah itu dalam waktu dekat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan bakal memberikan tanggapan setelah membaca tabloid itu.

"Saya belum pernah baca. Saya cari sebentar lagi. Kalau sudah cari, ketemu baru baca, baru komentar," ujar dia.

Jokowi mengaku tak mengetahui apakah tulisan dalam tabloid tersebut tergolong black campaign, kampanye negatif atau jenis pelanggaran pemilu lainnya. Dia mengaku ingin membaca terlebih dahulu Tabloid Indonesia Barokah itu.

"Saya baca dulu apakah yang disampaikan sebuah black campaign, apakah yang disampaikan itu negative campaign beda-beda. Apakah yang disampaikan itu fakta-fakta," jelas dia.

Sebelumnya, warga di sejumlah daerah dihebohkan dengan beredarnya puluhan eksemplar tabloid bernama Indonesia Barokah (IB). Tidak bermuatan konten yang mengusung keberkahan, tabloid itu berisi konten kampanye serta ujaran kebencian terhadap salah satu calon presiden.

Tabloid Indonesia Barokah (IB) tersebut beredar di sejumlah masjid maupun pesantren di beberapa wilayah Kabupaten Majelangka. Dari informasi yang didapat, tabloid juga beredar di lingkungan sekolah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Kampanye Jokowi-Ma'ruf

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily mengatakan kubu Prabowo Subianto tak perlu khawatir dengan muatan Tabloid Indonesia Barokah. Menurutnya, isi media itu tidak mengandung unsur kebencian dan kebohongan.

Yang jelas, Ace kembali menegaskan, Tabloid Indonesia Barokah bukan bagian kampanye mereka. Pihaknya selalu mengimbau pendukung untuk mengedepankan kampanye positif.

"Kalau dikatakan itu menyerang dan menyudutkan Pak Prabowo itu sama sekali tidak benar, karena isi tabloid yg bicarakan Prabowo cuma dua berita dari 10 berita," kata Ace dalam keterangan pers, Kamis, 24 Januari 2019.

Ace menjelaskan, konten dalam tabloid tersebut justru mengajak masyarakat tidak menyebar hoaks.

Misalnya, peringatan soal Obor Rakyat yang menyebar hoaks. Isi tabloid itu menceritakan sejarah Islam di dunia sampai mengingatkan soal tafsir.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.