Sukses

Jokowi Serahkan 204 Serifikat Tanah Wakaf di Masjid Al Barkah Bekasi

Menurut Jokowi, pembagian sertifikat untuk mencegah konflik tanah wakaf.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Al-Barkah Kota Bekasi Jawa Barat. Usai salat, Jokowi menyerahkan 204 sertifikat tanah wakaf ke warga di Jawa Barat.

"Alhamdulilah akan kami serahkan 204 sertifikat untuk masjid, mushola, tempat pendidikan dan pondok pesantren," kata Jokowi di Masjid Al Barkah Bekasi Jawa Barat, Jumat (25/1/2019).

‎Jokowi mengatakan dirinya memang sengaja meminta agar sertifikat tanah wakaf dipercepat penyelesaian dan pembagiannya. Hal ini agar tidak ada lagi sengketa tanah.

"Kenapa saya minta dipercepat? Karena saya ke kampung dan desa. Sering masuk ke telinga saya ada sengketa lahan. Banyak juga tanah wakaf jadi sengketa padahal sudah diberikan izin," ujar dia.

Menurut dia, sengketa tanah tak hanya terjadi di Jakarta saja, namun juga di sejumlah daerah. Jokowi berharap dengan percepatan sertifikat ini dapat mengurangi sengketa lahan di masyarakat.

"Engga hanya di Jawa Barat Bekasi. Kita serahkan di Aceh, Sumba, Riau, Jawa Tengah. Terima kasih Kepala BPN telah kerja keras menyelesaikan ini. Semoga sertifikat dipegang ini kita harapkan tidak ada lagi sengketa lahan," ucap Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagikan 40 Ribu Sertifikat

Sebelumnya, Jokowi hari ini juga membagikan 40.172 sertifikat tanah kepada masyarakat Pondok Cabe Tangerang Selatan. Jokowi menyatakan sertifikat tanah sangat penting dimiliki masyarakat sebagai tanda bukti hak atas tanah yang mereka tinggali.

Untuk itu, dia mengatakan pemerintah saat ini gencar membagikan sertifikat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan kepada masyarakat yang ingin menggadaikan sertifikat ke bank agar berhitung matang.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.