Sukses

Usulan Gaji Guru Honorer Setara UMR

Usulan ini terutama untuk guru honorer yang tak terakomodasi oleh dua skema dari pemerintah, yakni seleksi CPNS dan PPPK.

Liputan6.com, Jakarta - Nasib miris guru honorer yang rata-rata berpendapatan rendah mendapat perhatian pemerintah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengusulkan agar tunjangan guru honorer sesuai dengan upah minimum regional (UMR) masing-masing daerah.

Usulan ini terutama untuk guru honorer yang tak terakomodasi oleh dua skema dari pemerintah. Skema pertama melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan kedua lewat seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan menindaklanjuti usulan penyesuaian tunjangan guru honorer. Hanya saja, Menkeu menyebutkan masih perlu banyak diskusi yang harus dilakukan ke depannya mengenai hal tersebut

Apa saja detail usulan tunjangan guru honorer? Bagaimana pula perbandingan rata-rata gaji guru honorer dengan upah minimum provinsi (UMP)? Simak Infografis berikut ini:

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.