Sukses

Ahok Bebas, Ini Luapan Kegembiraan Pendukung Setia dan Keluarga

Salah satu Ahoker, bernama Wibowo mengatakan menyalakan lilin sebagai simbol pantang menyerah menunggu kehadiran Ahok.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hitungan jam, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan segera menghirup udara bebas. Untuk pertama kalinya pula, pria yang kini ingin disapa BTP itu akan menginjakkan kakinya di aspal setelah hampir 2 tahun di penjara.

Kabar ini langsung disambut gembira oleh keluarga, tak terkecuali para pendukung setia Ahok yang menamakan diri Ahoker. Di saat banyak orang tengah tertidur lelap, nampak beberapa orang yang kompak berpakaian kotak-kotak telah memenuhi sekitar Mako Brimob.

Mereka seakan tak sabar menunggu untuk segera menyambut kebebasan mantan Gubernur DKI Jakarta itu setelah menjalani hukuman atas kasus penodaan agama.

Sebelumnya, mantan duet Djarot Saiful Hidayat ini sempat menyerukan imbauan agar para pendukungnya tak melakukan penyambutan di depan Mako Brimob, karena dikhawatirakan akan mengganggu ketertiban. Namun, nyatanya hal tersebut tak dihiraukan.

"Pak Ahok tidak ingin ada penyambutan. Yang penting doakan yang terbaik agar Pak Ahok selalu sehat, selalu memberi manfaat untuk kebaikan negeri dan tetap semangat," ucap Djarot.

Berikut luapan kegembiraan yang dirasakan para pendukung dan keluarga Ahok jelang kebebasannya:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Nyalakan Lilin

Menyalakan lilin, itulah yang dilakukan sejumlah simpastisan Ahok yang telah mulai berkumpul di Mako Brimob sejak Rabu malam kemarin, sekitar pukul 20.30 WIB.

Kurang lebih 100 meter dari pintu gerbang Mako Brimob Kelapa 2 Depok, lilin-lilin yang yang telah ditutupi gelas platik dinyalakan. Ahoker lalu duduk bersila di depannya dengan beralaskan tikar dan karpet plastik.

Salah satu Ahoker, bernama Wibowo mengatakan menyalakan lilin sebagai simbol pantang menyerah menunggu kehadiran Ahok.

"Sekali lagi, kami hanya ingin menunjukkan kesetiaan kepada Pak Ahok. Ini juga pertanda kami senang Pak Ahok akan bebas besok," kata Wibowo.

Kemudian para simpatisan memanjatkan doa sebagai rasa syukur bahwa Ahok bakal segera bebas.

3 dari 4 halaman

2. Rasa Syukur Sang Adik

Letupan kegembiraan juga dirasakan yang sama oleh adi kandung BTP, Fifi Lety Indra Purnama. Lewat akun Instagramnya, @fifiletytjahajapurnama, Fifi memposting kata-kata ini:

"Besok Tjahaja Pulang #btp keluar Dari gelap ke terang Nya Yg Ajaib," tulis Fifi, Kamis malam.

Unggahan itu mengundang perhatian netizen dan mendapat 2.667 likes hingga pukul 11.42 WIB, Rabu malam kemarin.

Dalam media sosialnya, Fifi juga mengunggah sebuah foto dengan inisial BTP hasil bordiran. Tapi buka singkatan dari nama Basuki Tjahaja Purnma, di sana tertulis Bersih, Transparan dan Profesional.

4 dari 4 halaman

3. Karangan Bunga

Fenomena karangan bunga pun kembali terjadi. Jika saat itu memenuhi halaman Balai Kota yang ditujukan untuk Ahok dan Djarot atas kontribusinya membangun Jakarta, kali ini para pendukungnya memberi bunga sebagai ucapan selamat atas kebebasan mantan Bupati Belitung Timur itu.

Bahkan deretan bunga yang berjejer di Mako Brimob dimanfaatkan sejumlag warga untuk berselfie ria.

Salah satunya adalah Rafa. Dia mengaku sebagai Ahoker yang berasal dari Yogyakarta. Ketika mengetahui kabar Ahok akan bebas dari penjara, dia pun bertolak ke Jakarta.

"Kami ke sini karena cinta sama Pak Ahok. Saya mau lihat Pak Ahok," tandas dia.

Pantauan di lapangan lima karangan bunga diletakan di depan Gereja GPIB Gideon. Itu berada tepat di sebelah Mako Brimob.

Salah satu karangan bunga berasal dari Ahokers For Indonesia. Di situ tertulis Ytk. Pak Ahok/BTP seperti kepompong jadi kupu-kupu Indah..Kuat..Bebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.