Sukses

4 Kepala Daerah Maluku Utara Temui Jokowi Bahas Pembangunan Bandara

Presiden Jokowi menanggapi positif usulan dari empat kepala daerah itu, dan berencana melakukan kunjungan kerja ke Maluku Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Empat kepala daerah dari Provinsi Maluku Utara menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/1/2019). Mereka membahas soal pembangunan infrastruktur di Maluku Utara.

Pertemuan tersebut berlangsung tertutup dan dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara, Bupati Kepulauan Sula, Morotai, Halmahera Utara, dan Taliabu. Salah satu hal infrastruktur yang dibahas bersama Jokowi yaitu, tentang pembangunan Bandara Taliabu.

"Usulan masalah bandara, pembangunan pelabuhan laut, jalan lingkar, dan pembangunan industri sentra kelapa dan cengkeh. Taliabu ini (menghasilkan) cengkeh karena daerah kami 5.000 ton cengkeh setahun. Lainnya kelapa," ujar Bupati Taliabu Aliong Mus usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/11/2019).

Aliong mengatakan anggaran untuk pembangunan infrastuktur di Maluku Utara rencananya akan dimasukkan dalam Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD) 2020. Sementara dana yang akan dianggarakan diperkirakan mencapai Rp 1 triliun.

"Kami baru usulkan, untuk APBD 2020 dan 2019 APBD Perubahan. (Anggaran) Kira-kira lebih dari Rp 1 triliun. Kalau saya sendiri 500 miliar untuk (pembangunan) bandara," jelas Aliong.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunker

Menurut dia, Presiden Jokowi menanggapi positif usulan dari empat kepala daerah itu. Bahkan, kata Aliong, Jokowi berencana melakukan kunjungan kerja ke Maluku Utara.

"(Respon Presiden) baik sekali. Beliau akan berkunjung ke daerah kami tahun ini. Bulan belum disampaikan," ucap Aliong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.