Kebakaran di Tomang, Tercatat 1.250 Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Oleh Maria Flora pada 21 Jan 2019, 11:55 WIB
Diperbarui 21 Jan 2019, 13:26 WIB

Patroli, Jakarta - Peristiwa kebakaran melanda permukiman padat di kawasan Tomang, Petamburan, Jakarta Barat. Kebakaran terjadi saat sebagian besar warga tengah sedang tertidur lelap. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (21/1/2019), kobaran api semakin membesar lantaran bangunan semi permanen milik warga terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Petugas pemadam kebakaran dibantu warga berjibaku memadamkan amukan si jago merah.

Namun, embusan angin yang kuat membuat petugas kewalahan, kendati lebih dari 20 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan. 

Kebakaran diduga dipicu hubungan arus pendek listrik dari sebuah toko milik warga.

Hingga Senin pagi, kepulan asap masih muncul dari puing-puing bangunan rumah warga yang terbakar. Sedangkan petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan untuk memastikan tak ada lagi titik api yang berkobar.

Di sisi lain, sejumlah warga korban kebakaran justru nekat mencari sisa-sisa harta benda yang berada di reruntuhan bangunan rumah mereka. Sementara, sebagian penduduk korban kebakaran, masih bertahan di tepi jalan tak jauh dari lokasi kebakaran. Hal ini dilakukan lantaran belum tersedianya tenda pengungsian dan dapur umum.

Berdasarkan catatan Kecamatan Petamburan Jakarta Barat, bangunan rumah dan toko yang terdampak kebakaran berjumlah 165 unit dan sekitar 1.250 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Sejauh ini, tak ada laporan korban jiwa dari peristiwa kebakaran ini. (Rio Audhitama Sihombing)