Sukses

3 Gempa Hari Ini Mengguncang Tanah Air

BMKG mendeteksi terjadinya tiga gempa hari ini yang mengguncang Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi terus terjadi di Indonesia. Tiga gempa hari ini, Minggu (20/1/2019), tercatat mengguncang wilayah tanah air.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir, dua gempa terjadi di wilayah Papua. Sementara satu gempa lainnya terjadi di Sulawesi Utara.

Berikut ini tiga gempa hari ini yang terjadi di Indonesia hingga pukul 19.00 WIB:

1. Gempa di Pegunungan Bintang

BMKG mendeteksi gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter yang berpusat di tenggara Pegunungan Bintang, Papua, Minggu, pukul 01.37 WIB.

Siaran laman resmi BMKG menyebutkan pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer di koordinat 5,1 Lintang Selatan, 142,01 Bujur Timur, 176 kilometer tenggara Pegunungan Bintang.

BMKG menginformasikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Gempa di Kepulauan Sangihe

Gempa bumi dengan magnitudo 5,2 mengguncang Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Lindu tersebut terjadi pada pukul 14.47 WIB, Minggu (20/1/2019).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa dengan kedalam 55 kilometer itu berada di 5,65 Lintang Utara, 121,72 Bujur Timur. Tepatnya di 475 km Barat Laut Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

BMKG tidak menyatakan gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami. Namun, warga diimbau untuk tetap waspada.

Belum ada laporan terkait dampak dan korban akibat gempa tersebut.

3 dari 3 halaman

3. Gempa di Kaimana

Gempa bumi berkekuatan 3,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, Minggu, pukul 12.09 WIT dengan kedalaman 10 KM.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong, menyatakan, lokasi gempa pada koordinat 4.4 Lintang Selatan dan 133.58 Bujur Timur yang berjarak 83 KM Barat Daya laut Kabupaten Kaimana.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng.

Penjalaran getaran gempa dirasakan seluruh warga wilayah Kabupaten Kaimana. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan dampak dari gempa tersebut.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi bencana alam tersebut.

Hingga saat ini belum dilaporkan kerusakan yang timbul akibat gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Kaimana tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi