Sukses

Korban Banjir di Kebumen Mulai Dapat Bantuan

Sejumlah warga yang mengungsi akibat banjir di Kebumen, Jawa Tengah, mendpaatkan beragam bantuan dari petugas.

Fokus, Kebumen - Sejumlah warga yang mengungsi akibat banjir di Kebumen, Jawa Tengah, mendpaatkan beragam bantuan dari petugas. Sementara itu di Mojokerto, Jawa Timur, sampah-sampah akibat banjir masih menyumbat pintu air desa.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (20/1/2019), sejumlah harta benda milik warga di pinggiran Sungai Bangsal, Mojokerto, Jawa Timur, rusak diterjang banjir bandang. Banjir yang terjadi pada Sabtu malam, 19 Januari kemarin juga menyebabkan sebuah rumah warga dan musala ambruk.

Tidak hanya itu, banjir juga menyisakan tumpukan sampah di pintu air sungai di Desa Puloniti, Kecamatan Bangsal. Bambu dan batang pohon besar masih menyumbat lima pintu utama saluran air.

Meski BPBD Kabupaten Mojokerto telah menerjunkan sebuah alat berat, namun tidak bisa difungsikan karena ukurannya kecil.

Sementara di Kebumen, Jawa Tengah, ratusan warga Kecamatan Puring yang terdampak banjir mendapat bantuan berupa bahan makanan dari tim petugas gabungan yang bekerjasama kepada pemerintah setempat.

Selain makanan, warga yang mayoritas anak-anak dan lansia itu juga masih membutuhkan bantuan berupa obat-obatan yang digunakan sebagai persiapan untuk mengantisipasi gangguan kesehatan para korban banjir. Akibat banjir tersebut, sedikitnya 600 jiwa harus mengungsi. (Galuh Garmabrata)