Banjir Akibat Hujan Deras Rendam Wilayah Kebumen

Oleh Rinaldo pada 17 Jan 2019, 09:30 WIB

Liputan6.com, Kebumen - Hujan deras yang mengguyur menyebabkan sebagian besar wilayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, terendam banjir.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (17/1/2019), sejumlah warga membantu warga lain yang hendak menyeberangi arus deras banjir yang melanda Desa Candimulyo.

Derasnya arus air memaksa warga yang hendak melintas, termasuk para pengendara motor, mengurungkan niat. Polisi yang tiba di lokasi pun tak dapat berbuat banyak dan hanya melakukan pemantauan.

"Sungai tidak kuat menampung air, belum ada yang mengungsi," kata warga bernama Yoga.

Banjir juga melanda wilayah Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, akibat luapan air sungai yang tak mampu menampung debit air kiriman dari kawasan hulu. Posisi permukiman warga yang berada di dataran rendah menyebabkan air sungai yang meluap merendam permukiman.

Meski kejadian ini merupakan yang terparah, warga belum berniat mengungsi dan menunggu banjir mereda.

"Air kiriman dari barat itu larinya ke timur semua, ini dataran rendah jadi untuk surut itu lama, ini banjir terparah dalam 10 tahun terakhir," ujar warga Krisna.

Sementara, banjir yang merendam ruas jalan antar kecamatan di wilayah Desa Wonosari memutus akses di kedua arah. Sejumlah kendaraan yang nekat menerobos genangan banjir berujung mogok. Namun sebagian pengendara memilih memutar arah. (Muhammad Gustirha Yunas)