Sukses

Mengenal Teleprompter, Alat yang Digunakan Prabowo Saat Pidato Kebangsaan

Prabowo tampak berpidato tanpa panduan teks.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden Prabowo Subianto tampak sukses berpidato panjang dalam 'Pidato Kebangsaan'-nya, Senin (15/1/2018) malam. Ia tampak tak kehilangan fokus pada tema yang sedang dibicarakan sepanjang pidato.

Penampilan Prabowo tak lepas dari alat bantu baca yang disebut juga teleprompter. Saat Prabowo berpidato, keberadaan alat itu terletak di dua lokasi. Masing-masing di sisi kanan dan kiri, tak jauh di depan tempatnya berdiri. 

Alat ini umumnya digunakan seseorang untuk membantu menjadi panduan saat memaparkan suatu hal di hadapan khalayak luas. Bagi audiens, si pembicara akan terkesan berkomunikasi tanpa teks.

Teleprompter bisa berisi naskah pidato, atau poin yang ingin disampaikan. Dengan begitu, kemungkinan pembicaraan melebar bisa diminimalisir.

Saat Susilo Bambang Yudhoyono menjadi presiden, alat itu juga kerap digunakan dalam beberapa kesempatan berpidato.

Seorang pengguna teleprompter di layar kaca akan tampak fokus, dan tampak menguasai materi presentasi tanpa menengok teks yang umumnya diletakkan di mimbar atau meja.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.