Sukses

Gempa Magnitudo 3 Getarkan Papua dan Lampung Hari Ini

BMKG mencatat adanya gempa yang terjadi di Papua dan Lampung.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi dengan magnitudo 3,7 menggoyang Kabupaten Bintuni, Papua Barat, Senin (14/1/2019) pukul 04.56 WIT. Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga mencatat adanya gempa magnitudo 3,0 terjadi juga di Lampung.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong, lokasi gempa pada koordinat 1,91 Lintang Selatan dan 133,48 Bujur Timur yang berjarak 24 km di daratan Barat Laut Kabupaten Teluk Bintuni dengan kedalaman 10 km.

Ditinjau dari kedalamannya, lindu yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat tumbukan lempeng. Penjalaran getaran gempa dirasakan di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni. Getaran lebih terasa bagi yang berada di gedung bertingkat.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami karena di darat dan kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami. Hingga saat ini belum dilaporkan kerusakan yang timbul akibat gempa hari ini yang terjadi di Kabupaten Teluk Bintuni tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa di Pesawaran Lampung

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan telah terjadi gempa bumi berkekuatan (Magnitudo) 3,0, Senin dini hari, berlokasi 85 km tenggara Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

BMKG dalam rilis diterima di Bandarlampung, menyebutkan lokasi gempa yang terjadi pukul 01.57 WIB itu berada pada koordinat 6.26 derajat Lintang Selatan (LS), 105.11 derajat Bujur Timur (BT) atau 85 km tenggara Pesawaran, Lampung.

Kedalaman pusat gempa itu 6 Km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.