Warga Rancaekek Mulai Bersihkan Sisa Kerusakan Akibat Puting Beliung

Warga Rancaekek Mulai Bersihkan Sisa Kerusakan Akibat Puting Beliung

Warga Rancaekek, Kabupaten Bandung, mulai bergotong royong bersihkan puing bangunan ratusan yang rusak akibat diterpa puting beliung. Para korban berharap pemerintah segera turun untuk memberikan bantuan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (12/1/2019), dari pantauan udara, terlihat ratusan rumah warga di Kampung Ciherang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, yang rusak akibat terjangan angin puting beliung. Warga mulai bergotong royong membersihkan puing-puing bangunan dengan alat seadanya. Umumnya kerusakan terjadi pada atap dan dinding yang diterjang angin.

Meskipun belum ada laporan korban jiwa, namun warga mengaku trauma akibat bencana tersebut. BPBD Kabupaten Bandung mencatat sekitar 600 rumah rusak ringan hingga berat, 150 di antaranya di kawasan Ciherang.

Puting beliung menerjang kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Jumat, 11 Januari sore kemarin. Ratusan bangunan porak poranda serta membuat kepanikan warga.

Dalam kurun dua hari terakhir, wilayah Kabupaten dan Kota Bandung dilanda cuaca ekstrem. Sebelumnya dilaporkan hujan angin disertai butiran es juga menerjang seluruh wilayah Kota Bandung. Warga diimbau agar tetap waspada terhadap cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir ini. (Galuh Garmabrata)

Ringkasan

Oleh Rita Ayuningtyas pada 12 January 2019, 14:00 WIB

Video Terkait

Spotlights