Sukses

Cara Kapolres Tangerang Redam Hoaks dan Ujaran Kebencian di Masyarakat

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Harry Kurniawan libatkan 1.000 Dai Kamtibmas untuk menyukseskan Pilpres 2019.

Liputan6.com, Tangerang - Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Harry Kurniawan melibatkan 1.000 ustaz atau ulama yang tergabung dalam Dai Kamtibmas untuk menyukseskan Pilpres 2019 di Kota Tangerang. 

Dai Kamtibmas sendiri merupakan mitra kerja kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Berharap apa yang disampaikan oleh tokoh-tokoh agama, termasuk para kiai imampu meluruskan apapun berita hoax di tiap tempat tinggalnya," ujar Harry di acara Silaturahmi 1000 Dai Kamtibmas di Aula Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (10/1/2019).

Dia juga menuturkan, peran para dai penting dalam mempengaruhi opini publik dan mencerdaskan masyarakat. Dia juga menganggap para dai sebagai ujung tombak penyampaian kebenaran kepada masyarakat.

"Bapak-bapak (para dai) memiliki posisi sangat penting dalam mencerdaskan masyarakat. Para dai juga sebagai ujung tombak menyampaikan kebenaran kepada masyarakat," papar Harry. 

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengajak para Dai Kamtibmas menjadi penengah terhadap ujaran kebencian saat Pilpres 2019.

"Kami mengajak Dai kamtibmas sebagai cooling system. Semua bertujuan menjaga kamtibmas agar kontestasi politik bisa berjalan aman tertib, lancar, dan demokratis," tutur Kapolres. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat Suasana Sejuk

Sementara, Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin berharap kehadiran Dai Kamtibnas dapat membuat suasana sejuk di Kota Tangerang saat pesta demokrasi.

"Dai Kamtibnas dapat menyejukan masyarakat khususnya menjelang Pilpres. Dai Kamtibmas juga diharapkan bisa jadi peredam ditengah masyarakat untuk mencegah masyarkat dengan tidak termakan isu yang tengah berkembang," ujar Sachrudin.

Dikesempatan yang sama, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar juga berpendapat sama, dimana dia berharap pesan yang telah disampaikan dapat mendamaikan suasana.

"Selain itu Dai Kamtibmas juga bisa menyampaikan pesan-pesan yang harmonis. Dai kamtibmas bisa menjadi jaringan yang nantinya memberikan kedamaian bagi masyarakat khususnya di Tangerang," ujar Zaki.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.