Sukses

4 Wilayah Indonesia Diguncang Gempa Hari Ini

Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Distrik Ransiki di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, Rabu dini hari tadi.

Liputan6.com, Jakarta Rentetan gempa yang menggoyang Tanah Air terbilang cukup intens. Lewat laman resminya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus menginformasikan sejumlah wilayah di Indonesia yang terus diguncang gempa.

Dari kekuatan gempa yang ditimbulkan, tiap daerah memiliki tingkat kegempaan yang berbeda-beda. Ada yang bisa menimbulkan potensi tsunami terjadi, ada pula yang tidak.

Meski tidak menimbulkan tsunami, besarnya guncangan bisa menimbulkan kerusakan di sejumlah infrastruktur. Bahkan korban terkadang tak bisa dihindari.

Salah satu gempa di Tanah Air yang sempat menimbulkan gelombang tsunami dahsyat belum ini terjadi di Selat Sunda. Tercatat ratusan orang meninggal dunia dan puluhan ribu jiwa terluka.

Sedangkan dari lima kabupaten yang terdampak, korban terbanyak ada di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Dan hari ini, Kamis (10/1/2019), BMKG mencatat kekuatan lindu dirasakan di tiga wilayah di Indonesia. Apakah berpotensi tsunami?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1.Kecamatan Ransiki, Kabupaten Manokwari

Rabu dini hari tadi, gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Distrik Ransiki di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat.

Info BMKG, gempa terjadi tepat pada pukul 00.22 WIB. Kedalaman gempa 10 km.

Dengan pusat gempa berada di darat dengan titik koordinat berada di 1,5 Lintang Selatan (LS) dan 133,85 Bujur Timur (BT). Atau lebih tepatnya berada di 36 kilometer barat Ransiki.

3 dari 5 halaman

2. Sumba Tengah, NTT

Selang dua jam kemudian, BMKG kembali melaporkan adanya gempa. Kali ini gempa magnitudo 5,2 terjadi di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT).

BMKG melaporkan Gempa terjadi pada pukul 01.56 WIB.

Sementara, pusat gempa berada di 9,62 LS dan 119,95 BT atau di 31 kilometer tenggara Sumba Tengah. Dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

4 dari 5 halaman

3. Tasikmalaya

Tasikmalaya diguncang gempa bermagnitudo 3,8, Kamis sore ini, pukul 15.03 WIB.

Pusat gempa di laut dengan titik koordinat berada di 8,14 LS dan 107,9 BT. Atau di 60 kilometer barat daya Tasikmalaya.

Sedangkan kedalaman gempa mencapai 23 kilometer.

5 dari 5 halaman

4. Sumba Tengah

Gempa magnitudo 5,2 juga kembali mengguncang Sumba Tengah, NTT. Tepatnya pada pukul 01.56 WIB dengan kedalaman mencapai 80 kilometer.

BMKG mencatat pusat gempa berada di -9,62 Lintang Selatan dengan 119,95 bujur Timur.

Sementara, pusat gempa berada di 31 Kilometer tenggara Sumba Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Bumi