Menhub Bawa Dua Hadiah Jokowi di HUT OKU Timur, Apa Itu?

Oleh Yusron Fahmi pada 17 Jan 2019, 19:31 WIB

Diperbarui 17 Jan 2019, 23:13 WIB

Yusron Fahmi/Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghadiri hari ulang tahun ke-15 Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. Dalam kesempatan tersebut, dia membawa dua hadiah dari Presiden Jokowi untuk masyarakat OKU.

Menhub menyatakan, dua hadiah tersebut adalah akan diresmikannya Bandara Gatot Subroto dan pemerintah akan segera membeli hasil petani karet di OKU Timur dengan harga terbaik.

"Satu kebanggaan saya bisa hadir dan diundang diperayaan hari jadi OKU Timur ke-15, saya ucapkan selamat atas hari jadi ini," Kata Menhub Budi Karya Sumadi di DPRD OKU Timur, Kamis (17/1/2019).

Menhub mengatakan, dirinya mendapat tugas dari Jokowi dan menitipkan salam ke masyarakat OKU Timur.

"Saya akan mengajak Pak Presiden pada Maret mendatang, jika Bandara Gatot Subroto sudah beroperasi," ujarnya.

Budi Karya menegaskan, dalam waktu dekat keberadaan Bandara Gatot Soebroto Way Kanan akan diresmikan Jokowi menjadi Lapangan terbang komersial melayani angkutan barang dan penumpang.

Sedangkan untuk mengatasi rendahnya harga getah karet rakyat, pemerintah akan operasi pasar membeli karet rakyat.

"Operasi pasar membeli karet rakyat. Menyapu harga yang murah.Harga rendah akan di perbaiki," tandas Budi Karya Sumadi.

Menhub juga memuji pencapaian yang berhasil diraih oleh OKU Timur, sebab meski bukan daerah penghasil migas namun bisa menjadi Kabupaten dengan predikat angka kemiskinan terendah di Sumsel.

"Saya melihat potensi OKU Timur luar biasa mengandalkan agro bisnis bukan minyak tapi bisa nomor satu daerah dengan tingkat kemiskinan terendah," ujarnya.

Modal yang telah dimiliki oleh OKU Timur menjadi daerah agriculture memang harus dikembangkan, terlebih saat ini Kabupaten OKU Timur juga menghasilkan buah-buahan unggulan. 

2 of 2

Tak Ada Alasan Anggaran Kecil

Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru mengucapkan selamat atas HUT ke-15 OKU Timur di hadapan ratusan hadirin yang hadir. Dia sempat kilas balik tepat di 2005 tanggal 23 Agustus saat dilantik menjadi Bupati OKU Timur berpasangan dengan Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi.

Dikatakanya,  Anggaran Pemerintah Belanja Daerah pada saat itu hanya Rp 240 miliar pada dengan luas Kabupaten 3.370 kilometer persegi, tidak ada daerah rawa semua daratan sehingga jalan kabupaten 1.998 km maju. 

"Saya mengajak Pak Bupati dan Wakil Bupati, anggaran kecil bukan menjadi alasan untuk kabupaten/ kota maju atau tidak maju miskin atau tidak miskin," ungkapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓