Sukses

Abraham Samad soal Teror Pimpinan KPK: Begini Kalau Kasus Novel Baswedan Tak Terungkap

Menurut dia, teror ini terjadi karena kasus penyiraman air keras yang menimpa penyidik senior KPK Novel Baswedan tidak terungkap.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad angkat bicara terkait teror yang menimpa dua pemimpin KPK. Menurut dia, teror ini terjadi karena kasus penyiraman air keras yang menimpa penyidik senior KPK Novel Baswedan tidak terungkap.

"Dari dulu saya bilang kalau kasus penyiraman Novel Baswedan tidak diungkap, maka dampaknya itu akan menimpa pimpinan lain. Pimpinan lain bisa terkena juga," kata dia di RSCM, Rabu (9/1/2019).

"Nah sekarang terbukti hari ini, jadi kuncinya itu. Kalau kasus Novel enggak pernah terungkap ya sudah," ujar Samad.

Dia menjelaskan, tidak terungkapnya pelaku penyiraman Novel Baswedan membuat mereka leluasa untuk melakukan kejahatan kepada korban yang lain.

"Pelakunya menanggap kalau kita melakukan sesuatu kita tidak pernah dibawa ke pengadilan, tidak pernah beri hukum dan diungkap, maka dia berani lagi melakukan, itu sebenarnya," ujar Samad.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saran untuk Jokowi

Abraham menyarankan, Presiden harus segera membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF). Sebab, itu perlu untuk membuat kasus Novel Baswedan semakin benderang.

"Kalau kasus Novel sudah terungkap, kasus ini bisa terungkap," ucap Abraham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.