Sukses

Usai Dilantik, Letjen Doni Langsung Rapat Bahas Bencana NTB dan Palu

Rapat perdana Doni Monardo sebagai Kepala BNPB membahasa penanganan sejumlah bencana di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Usai dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo langsung ikut rapat bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Rabu (9/1/2018). Doni dan beberapa menteri kabinet kerja ikut rapat terkait percepatan evaluasi dan penyelesaian bencana di NTB, Palu, Selat Sunda.

"Setengah jam baru dilantik, sekarang langsung kerja," kata Kalla usai menggelar rapat di kantornya, Jalan Merdeka Utara.

Ia menjelaskan, rapat tersebut membahas rapat percepatan bencana. Dia menjelaskan penanganan bencana di NTB butuh percepatan.

"Kalau di NTB memang diperuntukan percepatan dari pada penguatan komponen-komponen dan juga pendampingan lebih banyak lagi. Dan itu, pemetaan gempa dan juga percepatan pendamping (fasilitator) diselesaikan di sana karena dananya sudah tersedia tinggal percepatannya," kata Kalla.

Begitu juga di Sulawesi Tengah, kata dia, penetapan wilayah hijau dan merah sudah dibedakan. Pihak PUPR juga sudah membuat tata kelola.

"Karena ada relokasi, karena ada huntaran. Kalau ada relokasi tidak butuh, meski perbaiki rumahnya sendiri," kata JK.

Rapat itu merupakan yang pertama dihadiri Doni Monardo sebagai kepala BNPB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritas Doni

Usai dilantik, Doni mengatakan akan melanjutkan penanganan bencana di sejumlah wilayah-wilayah terdampak bencana, di antaranya Lombok dan Banten.

"Menyelesaikan beberapa wilayah yang mengalami bencana baik itu di Lombok, Palu, dan terakhir di Banten dan Lampung serta Sulawesi Selatan," ujar Doni di Istana Negara Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.