Ini Pertimbangan Utama Doni Monardo Dilantik Sebagai Kepala BNPB

Ini Pertimbangan Utama Doni Monardo Dilantik Sebagai Kepala BNPB

Setelah sempat ditunda, akhirnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik dan mengambil sumpah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru di Istana Negara, Rabu pagi. Usai dilantik, Letjen Doni Monardo resmi menjabat sebagai Kepala BNPB menggantikan Willem Rampangilei.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (9/1/2019), Doni Monardo ditunjuk dengan sejumlah pertimbangan, terutama gaya kepemimpinan militer yang tegas dan kuat di lapangan. Nantinya, posisi Kepala BNPB berada setingkat menteri yang bertanggung jawab langsung kepada presiden.

"Saya tidak melihat aktif atau tidak aktif, saya ingin melihat manajemen yang kuat dan tindakan yang cepat. Ini jabatan di bawah presiden dan setaraf menteri," kata Jokowi.

Sementara itu, sebagai Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo akan memprioritaskan rehabilitasi daerah di Tanah Air yang belum lama dilanda bencana, seperti Banten, Palu, dan Lombok.

"Prioritas utama adalah menyelesaikan beberapa wilayah yang tengah mengalami bencana," jelas Kepala BNPB Letjen Doni Monardo.

Letjen TNI Doni Monardo adalah perwira TNI Angkatan Darat aktif dengan jabatan terakhir sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional. Lulus Akmil tahun 1985, Letjen TNI Doni Monardo pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden tahun 2012-2014. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Maria Flora pada 09 January 2019, 13:56 WIB

Video Terkait

Spotlights