BPBD Sleman: Hujan Abu Bukan dari Erupsi Gunung Merapi

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 09 Jan 2019, 11:50 WIB

Fokus, Sleman - Petugas kesehatan dan BPBD Magelang, Jawa Tengah, membagikan masker kepada warga yang berada di kawasan lereng Gunung Merapi. Sementara, BPBD Sleman meminta warga agar tetap tenang terkait hujan abu tipis yang terjadi di kawasan lereng Merapi, Sleman, Yogyakarta.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (9/1/2019), hujan abu tipis yang sempat terjadi di lereng Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam beberapa hari terakhir bukan diakibatkan oleh letusan Merapi.

BPBD menyatakan, hal tersebut disebabkan angin kencang yang berhembus di puncak gunung, yang kemudian membawa material tipis dari dalam kubah lava. Atas kondisi ini warga diminta tetap tenang, namun tetap waspada.

Sementara di Magelang, Jawa Tengah, Dinas Kesehatan, bersama BPBD Magelang, melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap bayi, anak-anak dan  lansia, sebagai langkah dampak erupsi Merapi. Dinas Kesehatan desa juga membagikan masker kepada anak-anak agar terjaga dari debu vulkanik jika terjadi letusan.

Aktivitas Merapi, hingga kini dilaporkan masih cukup stabil dan aman. Namun menyusul penetapan status waspada, warga diminta untuk tetap tidak melakukan aktivitas apapun di kawasan yang berjarak kurang dari tiga kilometer dari puncak Merapi. (Galuh Garmabrata)