Sukses

Letjen Doni Monardo Resmi Jadi Kepala BNPB

Pelantikan Doni Monardo sebagai Kepala BNPB sempat tertunda dari rencana awal.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi resmi melantik Letjen Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat. 

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5/P/2019 tentang pengangkatan Kepala Badan Nasional Penaggulangan Bencana. Saat pelantikan, Jokowi memandu Doni untuk membacakan sumpah jabatan. 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi dan ditirukan Doni.

Doni Monardo menggantikan Kepala BNPB sebelumnya, Willem Rampangilei. Willem menjabat posisi tersebut sejak 2015. 

Pelantikan Doni Monardo sebagai Kepala BNPB sempat tertunda. Seremoni awalnya direncanakan dilangsungkan pada 2 Januari 2019 di Istana Negara.

Pelaksanaannya diundur. Karena pada saat bersamaan, Jokowi melakukan kunjungan dinas ke lokasi bencana tsunami di Lampung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Biasa

Pelantikan Doni menjadi Kepala BNPB tergolong tak biasa. Ia saat ini masih menjadi anggota TNI aktif. Padahal, Kepala BNPB selalu dipimpin purnawirawan TNI.

Sebelum menjadi Kepala BNPB, Doni merupakan Setjen Dewan Ketahanan Nasional. Jenderal bintang tiga ini pernah mengecap sejumlah posisi bergensi di Angkatan Darat. Ia pernah menjabat Komandan Paspampres, Danjen Kopassus, Pangdam Pattimura, hingga Pangdam Siliwangi. 

Saksikan video pilihan di bawah ini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.