Sukses

Menteri Jonan Sediakan Rp 1 Miliar untuk Pemutakhiran Pos Pantau Bromo

Pemutakhiran sejumlah alat untuk memantau aktivitas vulkanik Gunung Bromo juga jadi perhatian.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, berencana melakukan penyegaran fasilitas pos pantau Gunung Bromo. Dana Rp 1 miliar disediakan untuk memperbaiki gunung tereksotis di Jawa Timur tersebut.

Hal itu disampaikan saat Menteri Jonan mengunjungi pos pantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Cemoro Lawang, Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Di pos pantau itu, Menteri Jonan beserta rombongan singgah selama 1 jam.

Pada lawatannya ke Gunung Bromo, mantan Menteri Perhubungan ini berencana meng-upgrade piranti dan gedung pos pantau.

Untuk itu, Kementerian ESDM menyediakan dana sekitar Rp 1 miliar. Dana tersebut akan dipergunakan untuk peningkatan (upgrade) atau rehabilitasi gedung pos pantau PVMBG. Pemutakhiran sejumlah alat untuk memantau aktivitas vulkanik Gunung Bromo juga jadi perhatian.

"Nantinya akan kami bangun di atas lokasi gedung saat ini. Agar pengamatan petugas lebih maksimal. Idealnya, petugas bisa mengamati langsung aktivitas gunung api. Kalau sekarang kan harus naik dulu keatas, atau memakai CCTV," kata Jonan, Selasa (8/1/2019).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Bantu Tugas Petugas

Rencana itu disambut gembira oleh Kepala Pos Pantau Gunung Api Bromo, Ahmad Subhan. Sebab, tugas utama PVMBG adalah melakukan pemantauan dan antisipasi mitigasi bencana geologi. Sehingga modernisasi gedung dan peralatan, menurutnya membantu tugas para pengamat gunung api.

"Tentu hal tersebut sangat membantu kami dalam memberikan laporan yang lebih akurat," ujar Ahmad Subhan.

Dia mengatakan, pada awal Januari, aktivitas kegempaan Gunung Bromo sempat mengalami peningkatan. "Setelah tahun baru itu. Tapi sekarang sudah kembali normal," kata pria yang akrab dipanggil Mbah Aan ini.

Di Probolinggo, Menteri ESDM, Ignatius Jonan dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di 2 tempat. Pertama di pos pantau PVMBG Gunungapi Bromo dan kedua di PLTU Paiton. Setelah itu, menteri beserta rombongan bertolak kembali ke Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.