Sukses

Jenis Metode Penelitian Selain Kualitatif dan Kuantitatif yang Bisa Kamu Terapkan

Langsung disimak yuk.

Liputan6.com, Jakarta Jika mendengar atau ditanya mengenai jenis metode penelitian, banyak orang menyebutkan jenis metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dan kuantitatif memang metode penelitian yang paling populer digunakan. Jenis metode penelitian sendiri pada dasarnya memiliki banyak jenisnya. Metode penelitian sendiri merupakan cara ilmiah agar bisa memperoleh dan bisa mengumpulkan data-data dengan fungsi dan tujuan tertentu. Ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui dan dipahami mengenai pengertian metode penelitian itu sendiri. 

Menurut kamus besar bahasa Indoensia (KBBI), metode diartikan sebagai cara teratur yang dipakai untuk melakukan sebuah usaha dengan harapan tujuannya tercapai. Kemudian penelitian merupakan suatu cara untuk mendapatkan kebenaran data atas gejala alam, masyarakat, atau kemanusiaan. Dengan tujuan, melalui sebuah cara tersebut dapat memperoleh sesuatu yang diharapkan.

Penelitian atau riset adalah terjemahan dari bahasa Inggris research, yang merupakan gabungan dari kata re (kembali) dan to search (mencari). Beberapa sumber lain menyebutkan bahwa research adalah berasal dari bahasa Perancis recherche. Intinya hakekat penelitian adalah “mencari kembali”. Dalam buku berjudul Introduction to Research, T. Hillway menambahkan bahwa penelitian adalah “studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut”. Ilmuwan lain bernama Woody memberikan gambaran bahwa penelitian adalah “metode menemukan kebenaran yang dilakukan dengan critical thinking (berpikir kritis)”.

Jenis metode penelitian sangat beragam macamnya, disesuaikan dengan cara pandang dan dasar untuk memberikan klasifikasi akan jenis penelitian tersebut. Secara umum jenis penelitian didasarkan pada cara pandang etika penelitian dan pola pikir yang melandasi suatu model konseptual. Berikut jenis metode penelitian yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber (8/1/2019) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis metode penelitian berdasarkan pada tujuan

1. Jenis metode penelitian eksploratoris, ialah penelitian yang dilaksanakan karena ada masalah yang memang sangat jarang untuk di teliti. Hal yang diteliti adalah suatu yang baru yang mana peneliti tidak banyak yang melakukan penelitian.

2. Jenis metode penelitian deskriptif, menunjukkan jika tujuan penelitian ialah agar bisa memberikan sebuah penjelelasan yang lebih rinci serta lebih mendalam tentang suatu masalah sosial yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Kekuatan dari penelitian deskriptif ini ada dalam kualitas dan kuantitas kalimat yang nantinya akan dipaparkan di dalam bab hasil sebuah penelitian. Jika semakain banyak data di dalam bentuk kalimat yang dapat disuguhkan dalam sebuah penelitian agar semakin bagus.

3. Jenis metode penelitian eksplanatoris, mempunyai sebuah tujuan agar bisa menguji suatu teori maupun hipotesa agar dapat memperkuat maupun menolak dari sebuah teori dari penelitian yang sudah diteliti.

3 dari 5 halaman

Jenis metode penelitian berdasarkan pada manfaat

1. Jenis metode penelitian murni, penelitian ini pada umumnya disebut juga dengan penelitian dasar. Di mana penelitian murni ini memiliki tujuan agar dapat mengembangkan sebuah teori serta tidak melihat bagaimana manfaat yang langsung memiliki sifat praktis.

2. Jenis metode penelitian terapan, penelitian terapan memilki tujuan untuk dapat memecahkan masalah-masalah dari kehidupan yang praktis. Jadi, penelitian terapan ini memiliki sifat praktis dan juga aplikatif karena penelitian yang berangkat dari sebuah masalah nyata dan bukan masalah yang memiliki sifat mendasar.

3. Jenis metode penelitian aksi, penelitian ini biasanya di sebut dengan action research yang memiliki tujuan agar dapat menyelesaikan masalah dengan cara melaksanakan beberapa tindakan yang khusus yang juga sudah melalui teritis yang sebelumnya. Hal ini di harapkan untuk bisa memperoleh solusi yang terbaik sehingga masalah dalam penelitian bisa teratasi.

4. Jenis metode penelitian kebijakan, ialah sebuah penelitian yang memiliki tujuan yang dapat menentukan sesuatu hal kebijakan yang berdasarkan dengan data dan fakta sesuai di lapangan. Hasil dari sebuah penelitian ini adalah peraturan, keputusan undang- undang dan semua hal yang berhubungan dengan hukum.

5. Jenis metode penelitian evaluasi, merupakan sebuah penelitian yang memiliki tujuan agar dapat memberikan sebuah penelitian pada program yang tertentu, kegiatan dan juga sebuah kebijakan yang bisa ditujukan supaya bisa mengintervensi masyarakat.

4 dari 5 halaman

Jenis metode penelitian menurut siapa penelitinya

1. Jenis metode penelitian akademis, metode ini melibatkan peneliti profesional yang dijamin oleh lembaga penelitian.

2. Jenis metode penelitian evaluasi/kebijakan, metode ini dilakukan atas pesanan pihak birokrat untuk menunjang kebutuhan administratif/kebijakan tertentu, dilaksanakan oleh peneliti profesional.

3. Jenis metode penelitian partisipatoris, metode ini biasanya menggunakan pendekatan interaktif, pelaku turut mempengaruhi hasil, bertujuan untuk membangun kesadaran dan perubahan sosial pelaku.

5 dari 5 halaman

Jenis metode penelitian menurut paradigma yang digunakan

1. Jenis metode penelitian kuantitatif, berdasarkan paradigma positivisme, menggunakan metode kuantitatif dan analisis kuantitatif, hasil akhir berupa generalisasi

2. Jenis metode penelitian kualitatif, berdasarkan paradigma fenomenologi/natural inquiry, menggunakan metode kualitatif dan analisis kualitatif, hasil akhir berupa deskripsi/penjelasan

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.