Sukses

Jokowi: Masuk Tahun Pemilu, Stabilitas Keamanan Harus Terus Dijaga

Jokowi ingin penyelenggaraan Pemilu 2019 ini sama berhasilnya dengan Pilkada Serentak 2018 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumpulkan para menterinya di Istana Negara, Jakarta. Jokowi meminta agar para pejabat menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di tahun Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat memberikan sambutan dalam Sidang Kabinet Paripurna, dengan topik 'Program dan Kegiatan Tahun 2019' di Istana Negara,. Hadir pula Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para menteri Kabinet Kerja.

"Karena kita memasuki tahun Pemilu, maka stabilitas keamanan, keterbtiban harus terus dijaga dengan baik," ujar Jokowi.

Jokowi ingin penyelenggaraan Pemilu 2019 ini sama berhasilnya dengan Pilkada Serentak 2018 lalu. Menurut dia, pemerintah berhasil menyelenggarakan Pilkada 2018 di 171 daerah dengan aman dan damai.

"Saya yakin dengan pengalaman yang ada, dengan pengalaman panjang dalam berdemokrasi, insyaAllah pemilu legislatif, Pemilu Presiden secara serentak tahun ini berlangsung dengan aman, damai dan demokratis," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Pada tahun ini, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden digelar bersamaan pada 17 April 2019. Jokowi sendiri kembali maju sebagai calon presiden.

Jokowi menggandeng Ketua MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres. Keduanya akan menghadapi pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Debat Perdana

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat Pilpres tahap pertama ‪pada Kamis, 17 Januari 2019‬ mendatang. Ira Koesno dan Imam Priyono terpilih sebagai moderator tahap pertama debat Pilpres.

Panelis debat pertama tersisa 6 orang, yakni Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum UI),  Bagir Manan (Mantan Ketua MA), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (Ahli Tata Negara), Margarito Kamis (Ahli Tata Negara) dan unsur Pimpinan KPK.

Sementara untuk tema, debat pertama tentang Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme, debat kedua tentang Energi dan Pangan, SDA dan lingkungan hidup, infrastruktur, debat ketiga tentang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi