Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru, Polri Pastikan Lalu Lintas Kondusif

Oleh Nafiysul Qodar pada 07 Jan 2019, 02:31 WIB
Diperbarui 07 Jan 2019, 02:31 WIB
Tol Palimanan
Perbesar
Sejumlah kendaraan antre di gerbang tol Palimanan Cipali, Jawa Barat, Kamis (29/6). Memasuki H+4 Lebaran, arus balik dari Jawa Tengah menuju Jakarta masih terpantau padat dan puncak arus balik diprediksi terjadi H+5 dan H+6. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri memprediksi puncak arus balik libur Tahun Baru dan sekolah terjadi hari ini, Minggu (6/1/2019) hingga besok pagi. Meski begitu, Refdi memastikan arus lalu lintas menuju Jakarta terpantau kondusif.

Berdasarkan catatan kepolisian, jumlah kendaraan [arus balik libur Tahun ] yang masuk ke Jakarta melalui pintu Tol Cikarang Utama, Bekasi hingga sore tadi sebanyak 31.484 unit. Jumlah tersebut hampir sama dengan yang keluar dari arah Jakarta menuju Cikampek sebanyak 31.366 kendaraan.

"Hari ini jumlah kendaraannya lebih banyak dibandingkan hari kemarin. Untuk itu, kita perkiraan jelang malam nanti hingga pagi, akan ada kecenderungan peningkatan volume kendaraan," ujar Refdi saat memantau arus balik di Pintu Tol Cikarang Utama, Bekasi.

Sejak Sabtu 5 Januari 2018, kepadatan arus lalu lintas dari arah Jawa menuju Jakarta atau sebaliknya melalui pintu Tol Cikarang Utama jumlahnya berimbang. Selama dua hari terakhir, kendaraan yang melintas melalui pintu Tol Cikarang Utama mencapai sekitar 70 ribu unit.

"Untuk arus balik malam ini, diperkirakan jumlahnya akan lebih banyak dibandingkan hari kemarin," tuturnya.

Kendati begitu, Refdi menilai kebijakan rekayasa lalu lintas berupa contraflow Belum diperlukan. Sebab, menurutnya, [arus balik libur Tahun ] terpantau kondusif.

"Mudah-mudahan rekayasa tidak perlu kita lakukan. Melihat situasi yang telah kita persiapkan sedemikian rupa, dan lalu lintas masih terpantau kondusif," ucap Refdi memungkasi.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓