Sukses

Korlantas Polri: Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru Berlangsung Malam hingga Pagi Ini

Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada hari ini dan besok Minggu 6 Januari 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Puncak arus balik libur Tahun Baru 2019 diperkirakan terjadi hari ini, Sabtu (5/1/2019). Polri memprediksi, 80 ribu kendaraan akan masuk ke Jakarta  hingga besok pagi.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, jumlah kendaraan yang melintas dari arah Cikampek ke Jakarta di pintu Tol Cikarang Utama sejak pukul 06.00-16.00 WIB sebanyak 30.000 unit.

"Sampai nanti pukul 24.00, diperkirakan jumlah kendaraan yang menuju ke Jakarta mencapai 50 ribu unit. Hingga besok pagi pukul 06.00, diperkirakan mencapai 80 ribu kendaraan," ujar Refdi saat meninjau arus balik di pintu Tol Cikarang Utama, Bekasi.

Puncak arus balik libur tahun baru diperkirakan terjadi pada hari ini dan besok Minggu 6 Januari 2019. Karena itu, Refdi bersama jajaran Korlantas Polri melakukan pemantauan langsung arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek hingga Tol Cipali. 

Meski memasuki puncak arus balik, arus lalu lintas di Tol Cipali, Jawa Barat terpantau lancar di kedua ruas. Arus lalu lintas yang lancar membuat sebagian pengemudi memacu kendaraannya dengan kecepatan cukup tinggi. 

"Kecepatan (kendaraan) kira-kira 80 kilometer - 90 kilometer per jam," ucap Refdi. 

Kendaraan yang melintas di ruas tol tersebut didominasi mobil pribadi. Dalam kesempatan ini, Refdi memanfaatkannya untuk menyapa Rudi Hutapea, pemudik yang tengah beristirahat di Rest Area KM 164 Tol Cipali.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahun Ini Lebih Baik

Rudi Hutapea yang hendak kembali ke Jakarta dari Yogyakarta mengatakan, kondisi arus mudik dan arus balik pada liburan akhir tahun ini jauh lebih baik ketimbang tahun sebelumnya.

"Sekarang lebih baik, tidak ada antrean kecuali di pintu tol," kata Rudi.

Menurut Rudi, konektivitas jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya membuat perjalanannya bersama keluarga nyaman.

"Dengan adanya tol ini, mobilitas semakin cepat. Bepergian dengan rombongan empat mobil bisa nyaman," katanya.

Rudi pun meminta kepada Refdi agar mengantisipasi Tol Trans Jawa saat mudik Lebaran 2019 nanti. Pasalnya, masyarakat yang antusias ingin mencoba tol bisa mengakibatkan arus kendaraan membludak.

"(Arus kendaraan mudik) Lebaran harus diantisipasi," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.