Hamparan Puluhan Ribu Meter Kubik Sampah Menumpuk di Kali Pisang Batu Bekasi

Oleh Maria Flora pada 05 Jan 2019, 16:11 WIB

Liputan6.com, Bekasi - Hamparan sekitar puluhan ribu meter kubik lebih sampah kini menumpuk di Kali Pisang Batu, Taruma Jaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (5/1/2019), tumpukan sampah yang luar biasa ini sudah terjadi hampir satu bulan lamanya. Panjang tumpukan sampah bahkab sudah mencapai 1 kilometer lebih dengan lebar sungai sekitar 50 meter, dan tebal tumpukan sekitar setengah meter.

Kali Pisang Batu melintasi lima desa, yaitu Desa Setia Asih, Setia Mulya, Pahlawan Setia, Pantai Makmur hingga Desa Segara Makmur. Aliran Kali Pisang Batu berasal dari Kali Gani dan Kali Bancong di Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Bekasi. Situasi ini menebarkan bau busuk luar biasa.

Tak hanya mencemari udara, hamparan sampah di Kali Pisang Batu itu kini sudah mencemari sumur-sumur warga. Air sumur warga kini sudah berubah warna. Airnya pun berbau.

Warga Taruma Jaya bermimpi Kali Pisang Batu kembali bersih. Sebab, dahulu air kali masih bisa digunakan untuk mandi. Mereka sangat berharap program kali bersih yang digalakkan gubernur terwujud di tempat tinggal mereka. (Muhammad Gustirha Yunas)