Sukses

Top 3 News: Retakan Baru di Gunung Anak Krakatau, Berpotensi Tsunami?

Top 3 news hari ini, Gunung Anak Krakatau, Kamis pagi, 3 Januari 2019, kembali erupsi. Ketinggian kolom abu vulkanik mencapai 2.000 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap ada retakan baru yang muncul di Gunung Anak Krakatau. Lokasi retakan dari arah utara hingga selatan. 

Dengan kondisi ini, menurut Kepala BMKG  Dwikorita Karnawati, potensi terjadinya tsunami bisa terjadi. 

"Berpotensi untuk berkembang menjadi longsor atau runtuhan bawah laut bila terjadi tremor saat erupsi nantinya. Karena luas area dan volume yang akan longsor relatif kecil, maka diperkirakan potensi tsunami yang ditimbulkan juga lebih kecil," jelas Dwikorita.

Sementara itu, kondisi Gunung Anak Krakatau, Kamis pagi, 3 Januari 2019, kembali erupsi. Menurut petugas Pos Pantau Anak Krakatau, ketinggian kolom abu vulkanik mencapai 2.000 meter.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 3 Januari 2019: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. BMKG Benarkan Ada Retakan Baru di Gunung Anak Krakatau

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), membenarkan adanya retakan baru di Gunung Anak Krakatau yang berada di kawasan Selat Sunda, Banten. Hal ini terdeteksi dari foto udara.

"Retakan terdeteksi dari foto udara, terlihat memanjang ke arah utara-selatan pada lereng kawah gunung di sisi selatan," ucap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada Liputan6.com, Rabu (2/1/2019).

Dia menegaskan, ini berpotensi untuk menjadi longsor jika ada tremor atau getaran Krakatau saat erupsi. Meskipun luas areanya relatif kecil.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 3 Fakta Kiriman Bunga untuk Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendapat kiriman bunga pada awal tahun 2019. Beberapa karangan bunga tersebut ditempatkan di depan pintu kaca menuju Istana Kepresidenan Jakarta dan di depan Gedung Utama Kementerian Sekretaris Negara.

Rupanya, karangan bunga tersebut didapat Jokowi dari komunitas warga Malang di Jakarta.

Tulisan dalam karangan bunga itu pun beragam. Salah satunya adalah mengucapkan Selamat Tahun Baru 2019.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Anak Krakatau Kembali Meletus, Kolom Abu Capai Ketinggian 2 Kilometer

Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda, kembali meletus. Berdasarkan pemantauan sejak pukul 06.00 wib sampai 12.00 WIB, material vulkaniknya mencapai 2.000 meter.

"Ketinggian kolom abu antara 200 sampai 2.000 meter," kata Mardiono, petugas Pos Pantau Anak Krakatau, melalui smabungan selulernya, Kamis (03/01/2019).

Gunung Anak Krakatau kini memiliki patahan sepanjang satu kilometer ditubuhnya. Patahan itu berpotensi runtuh kembali dan menyebabkan tsunami.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.