Sukses

Polisi: Nisan yang Dirusak di Magelang Segera Diperbaiki

Menurut kepolisian, kesepakatan dengan FKUB, PUBM, beserta Pemkot bukan hanya soal renovasi nisan saja.

Magelang - Sebanyak 21 nisan dirusak oleh orang tak dikenal di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Giriloyo, Mulyono di Magelang, Jawa Tengah.

Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan mengaku pihaknya sudah berkoordinasi terkait perusakan nisan tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Magelang, Paguyuban Umat Beriman Magelang (PUBM), dan Pemkot bahwa kita sepakat untuk melakukan recovery. Untuk perbaikan terhadap makam-makam ini," ujar Yoga, Rabu, 2 Januari 2019 malam.

Dia menjelaskan, ahli waris makam yang nisannya dirusak sulit ditemukan. Yoha mengatakan, pelaporan nisan rusak ini juga bukan dari para ahli waris, melainkan pihak pengelola makam.

"Pendataannya tidak jelas, karena makam di Giriloyo di blok A dan C (lokasi makam dengan nisan rusak) adalah makam sejak zaman dahulu, zaman Belanda. Sehingga yang namanya tanah kosong, orang langsung ngubur. Besok ini akan kita perbaiki," papar dia.

Menurutnya, kesepakatan dengan FKUB, PUBM, beserta Pemkot bukan hanya soal renovasi nisan saja. Yoga memastikan, seluruh pihak satu suara jika kejadian ini tak akan menjurus ke isu SARA ataupun sentimen agama.

"Apalagi dikaitkan dengan tahun politik, enggak perlu," tegasnya.

Di samping itu, kata Yoga, hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) oleh kepolisian juga tak mengarah kepada isu SARA sedikit pun. Dirinya menegaskan kuat dugaan pengrusakan nisan hanya hasil aksi vandalisme saja.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nisan Dirusak

Sebelumnya, sejumlah makam yang ada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Giriloyo, Magelang, Jawa Tengah, dirusak oleh orang tak dikenal, entah apa motifnya.

Polisi mengungkapkan, ada 21 makam, di lokasi terpisah, yang dirusak dengan pola yang sama.

"Sebanyak 21 makam yang dirusak itu ada di tiga tempat (blok) di TPU Giriloyo," ujar Kapolres Kota Magelang Ajun Komisaris Besar Kristanto Yoga Darmawan ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Tak hanya nisan salib yang jadi sasaran perusakan. Menurut Kristanto, dari 21 makam yang rusak, tiga di antaranya merupakan makam muslim.

"Dari 21 makam yang dirusak, 3 makam muslim. Sisanya nasrani," kata Kristanto.

 

Ikuti berita Jawapos lainnya di jawapos.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.