Sukses

Mengintip Dapur Umum Relawan dan Korban Longsor Sukabumi

Dibangun secara sederhana di pinggir lapangan bola, dapur ini diisi para juru masak yang handal.

Liputan6.com, Sukabumi - Sepuluh personel TNI berkumpul di bawah tenda hijau berukuran 8X5 meter di Dusun Garehong Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Delapan orang berdiri dekat kompor menyala dengan wajan raksasa yang nangkring di atasnya. Sementara dua lainnya sibuk memotong sayur-mayur.

Tenda ini merupakan dapur umum yang didirikan pascalongsor menerjang di daerah Sukabumi ini, Senin 31 Desember 2018.

Dibangun secara sederhana di pinggir lapangan bola, dapur ini diisi para juru masak yang handal. Mereka mengolah bahan masakan menjadi makanan siap saji. Salah satunya, Suryadi, Pegawai Negeri Sipil di Denbekang III-44-01/Bogor.

Sejak bencana terjadi, Suryadi tidak pernah absen singgah di dapur umum. Paling tidak dalam sehari, dia harus tiga kali bolak-balik ke tempat tersebut yakni pukul 07.00 WIB, 12.00 WIB, dan 18.00 WIB.

Sebab, pada jam itu harus segera menyediakan 800 porsi makanan setiap hari untuk segera disantap oleh pengungsi, relawan, dan anggota TNI Polri yang bertugas melakukan pencarian korban.

Seperti pada siang ini, Suryadi menyajikan menu masakan mi goreng dan ikan sarden.

"Bahan bakunya, 10 dus mie instan, telur dan puluhan kilo ikan asin segar. Kira-kira mengelolah sampai jadi butuh waktu tiga jamlah," kata Suryadi, Kamis (3/1/2019).

Nantinya, makanan ini akan diambil perwakilan masing-masing kelompok untuk didistribusikan kepada korban longsor Sukabumi.

"Sistem pembagian, masakan yang sudah dimasak dibungkus nanti dibagikan ke mereka-meraka melalui perwakilannya," tandas Suryadi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.