Sukses

PDIP Gelar HUT 46 Sekaligus Rapat Koordinasi Nasional

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, HUT ini juga dalam rangka rapat koordinasi nasional.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP bakal merayakan hari ulang tahunnya yang ke-46 di JIExpo Kemayoran, 10 Januari 2019 mendatang. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, HUT ini juga dalam rangka rapat koordinasi nasional.

"Tentu saja karena ini bukan hanya sekedar HUT. Ini HUT ke 46 sekaligus rapat koordinasi nasional," kata Hasto di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (3/1/2019).

Dia memastikan, pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin bakal hadir pada perayaan HUT PDIP. Tema yang diangkat adalah Persatuan Indonesia, Memurnikan Pancasila.

"Pak Jokowi mengatakan ini aset terbesar kita, persatuan Indonesia membumikan Pancasila, ini yang dilupakan. Indonesia itu besar. Indonesia tidak hanya bisa dilihat dari Jawa, atau Sumatera, Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah yang terbentang di antara dua benua samudera. Satu kesatuan entites yang punya semangat membumikan Pancasila," tutur Hasto.

Wasekjen PDIP Utut Adianto mengatakan, jumlah peserta yang akan hadir sebanyak 12.321 kader. Terdiri dari pengurus DPP, DPD, DPC, hingga tingkat PAC. Acara ini dihadiri pula anggota fraksi DPR RI, anggota legislatif tingkat daerah, dan para caleg DPR.

"Kemudian eksekutif, jadi tiga pilar kita struktur eksekutif legislatif. Eksekutifnya terdiri dari kepala daerah dan wakil kepala daerah PDIP sejumlah 188 orang," kata Utut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Pilar Partai

Pada konferensi pers HUT ini, hadir pula Sekjen Senior PDIP yang juga Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua Bappilu Bambang DH, dan pengamat politik Ujang Komarudin.

Tjahjo menceritakan masa-masa PDIP di luar kekuasaan pada 2004-2014. Kata dia, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu tidak tergiur dengan kekuasaan.

Maka saat itu, Megawati memerintahkan kepada Tjahjo agar terus menguatkan konsolidasi partai. Tumpuannya adalah yang disebut sebagai Tiga Pilar Partai. Yakni kekuatan di struktur hingga pengurus anak ranting; kekuatan di legislatif; dan kekuatan di eksekutif.

Dimulailah proses modernisasi kerja partai. Setiap kader didudukkan di salah satu dari tiga kekuatan itu berdasar hasil penilaian ilmiah. Metode psikotes pun diterapkan.

"Jadi sebelum seseorang didudukkan, akan dicek apakah dia cocok di DPR, eksekutif, atau struktur. Itu pakai psikotes," kata Tjahjo.

"Sekjen, wasekjen, bekerja menggerakkan dan mengorganisasi Tiga Pilar Partai. Termasuk menggerakkan masyarakat dan pemilih. Itulah kunci kekuatan politiknya," tambah dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.