Ini Penyebab Longsor Cijeruk hingga Rel KA Menggantung

Oleh Maria Flora pada 03 Jan 2019, 15:12 WIB
Diperbarui 03 Jan 2019, 15:12 WIB

Liputan6.com, Bogor - Perjalanan kereta jurusan Bogor-Sukabumi dan sebaliknya terganggu akibat longsor di tebing rel kereta di Kampung Bantar Panjang, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (3/1/2019), petugas mulai memperbaiki longsor sedalam 12 meter dan lebar 10 meter. Hujan diduga memicu tebing di atas rel tergerus air. Air menggerus tanah bantalan rel dan terjadi longsor.

"Jadi ada air datang dari atas, mestinya air ini mengalir ke drainase. Namun, drainase kita juga terkena longsor. Karena itu air menghantam jalur kereta ini," kata Dirut Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Edi Nur Salam.

Jalur kereta kini masih dalam tahap perbaikan. Petugas melakukan pemadatan dengan bantalan karung yang berisikan tanah dan batu. Diperkirakan perbaikan ini akan selesai kurang lebih dua hari ke depan.

Akibat kejadian longsor ini, ratusan calon penumpang di Stasiun Paledang, Bogor, terpaksa mengantre untuk mendapatkan pengembalian uang. Mereka pun beralih menggunakan moda transportasi lain. (Rio Audhitama Sihombing)