Sukses

Longsor di 4 Titik, Perjalanan Kereta Bogor-Sukabumi Dihentikan

PT KAI menyiapkan sejumlah penyesuaian rute perjalan kereta menyusul longsor di 4 titik rel.

Liputan6.com, Bogor - Perjalanan kereta api (KA) penumpang tujuan Bogor-Sukabumi terganggu akibat longsor di Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/1/2019) sekitar pukul 15.30 WIB.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo menyebutkan, ada 4 titik longsor di jalur lintas Bogor-Sukabumi. Hal ini menyebabkan terganggunya perjalanan KA Pangrango.

Titik longsor tersebut yakni di petak jalur Bogor-Maseng tepatnya di KM 12 + 700, 12 + 200/ 300, 11 + 00/100, dan 11 + 200/300 dengan kedalaman 7 meter.

"Longsor diakibatkan curah hujan yang tinggi di kawasan Bogor dan sekitarnya," kata Edy, saat dihubungi Liputan6.com.

Longsor menyebabkan jalur kereta amblas sepanjang kurang lebih 10 meter. Akibatnya rel mengantung di bibir Sungai Cisadane.

Karena dianggap membahayakan keselamatan, PT KAI terpaksa menghentikan dan membatalkan perjalanan KA Pangrango. "Untuk sementara dilakukan pembatalan sejumlah perjalanan KA dan pemotongan relasi KA," ujar Edy.

Untuk menangani gangguan tersebut, PT KAI telah menerjunkan tim sebagai upaya meminimalisasi terganggunya perjalanan KA orang maupun barang di lintas Bogor-Sukabumi.

Terkait longsor di jalur lintas Bogor-Maseng, PT KAI mengatur perjalanan KA Pangrango untuk hari ini. KA 393 Relasi Sukabumi-Bogor berjalan hanya sampai Stasiun Maseng, dan KA 394 Relasi Bogor-Sukabumi berangkat dari Stasiun Maseng.

Untuk esok hari, KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor berjalan hanya sampai Stasiun Cigombong, dan KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi berjalan dari Stasiun Cigombong.

"Kebijakan ini berlaku sampai perbaikan selesai," ujar Edy.

Kemudian, bagi penumpang yang telah mempunyai tiket KA Pangrango dengan relasi Sukabumi-Bogor atau sebaliknya, bisa membatalkan perjalanannya dengan mendatangi stasiun terdekat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengembalian Uang

Uang akan dikembalikan 100 persen. Apabila penumpang tetap ingin menggunakan KA Pangrango, penumpang bisa membeli tiket kembali dengan relasi hanya Sukabumi-Cigombong atau sebaliknya.

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat dibatalkannya perjalanan KA lintas Bogor-Sukabumi. Bagi masyarakat disarankan untuk menggunakan moda transportasi lainnya," terang Edy.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.