Sukses

Kali Cimakaci Meluap, Puluhan Rumah di Bogor Kebanjiran

Rumah yang terendam terletak di Kelurahan Bojong Kerta dan Rancamaya. Ketinggian banjir hingga mencapai dada orang dewasa.

Liputan6.com, Bogor - Puluhan rumah di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat terendam banjir akibat meluapnya aliran Kali Cimakaci, Rabu (2/1/2019). Rumah yang terendam terletak di Kelurahan Bojong Kerta dan Rancamaya. Ketinggian banjir hingga mencapai dada orang dewasa.

Herman (49), warga Kampung Rancamaya Cikobak, Kelurahan Rancamaya menuturkan, air tiba-tiba memasuki pekarangan rumah dan terus meninggi hingga masuk ke dalam rumah miliknya.

"Hujan dari jam 12, terus naik sampai sekitar jam 2 siang sudah sepinggang," tutur Herman.

Menurutnya, hujan deras selama kurang lebih 2 jam menyebabkan meluapnya anak Sungai Cisadane sehingga mengakibatkan pemukiman warga terendam banjir.

"Semenjak diperbaiki, lebar aliran kali malah jadi mengecil. Ketika hujan deras kali tidak bisa menampung debit air sangat banyak," kata dia.

Tak hanya permukiman warga, banjir juga merendam ruas jalan akses antar kelurahan di Kecamatan Bogor Selatan. Akibatnya, pengendara lebih memilih memutar arah atau menunggu banjir surut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengungsi

Sebagian masyarakat yang tinggal persis di kawasan pinggiran kali telah mengungsi ke tempat lebih aman. Namun, sebagian masyarakat masih bertahan di rumah karena khawatir akan kehilangan harta benda mereka.

"Hingga petang ini sebagian wilayah di Rancamaya masih terendam banjir," kata Susanto anggota Tagana Kota Bogor.

Tim SAR gabungan sudah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi dan pendataan korban banjir tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.