Sukses

Ridwan Kamil: 1.560 Bencana Terjang Jabar Selama 2018, Longsor Terbanyak

Ridwan Kamil mengatakan, tak hanya bahaya longsor, Jawa Barat juga dibayang-bayangi bencana banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, tanah longsor menjadi bencana yang paling banyak terjadi di wilayah Jabar sepanjang 2018.

"Bencana longsor ini di Jawa Barat termasuk bencana yang paling banyak," kata Emil saat meninjau Dusun Garehong Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi Rabu (2/1/2019).

Pria yang biasa disapa Kang Emil ini mengatakan, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, tercatat dari 1.560-an bencana yang terjadi di Jawa Barat. 550 diantaranya adalah bencana longsor.

Dia pun menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah dan warga agar mewaspadai bencana tersebut. Menurut Emil wilayah Jabar merupakan daerah rawan bencana.

Tak hanya bahaya longsor, Jabar juga dibayang-bayangi bencana banjir.

"Kalau longsor ini secara geografisnya kebanyakan Jawa Barat Tengah ke selatan, Kalau Jawa Barat tengah ke utara, rata-rata peristiwa nya lebih banyak banjir," ucap dia.

"Kenapa begitu? karena secara geologis dari Tengah Jawa Barat ke Selatan itu miringmya curam. Dari Tengah ke Utara relatif rata jadi kondisinya begitu," lanjut Emil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Refleksi Diri

Mantan Wali Kota Bandung itu meminta seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat menjadikan bencana untuk saling mengintrospeksi sehingga bisa berubah menjadi lebih baik.

"Saya renungkan memang tahun yang bencana nya luar biasa jadi ini jadi refleksi juga untuk hidup lebih bijaksana, lebih arif," tandas dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.