Sukses

Begini Sulitnya Akses Menuju Lokasi Longsor di Cisolok Sukabumi

Sejauh ini, longsor di Cisolok, Sukabumi, mengakibatkan 15 orang tewas.

Liputan6.com, Sukabumi - Longsor menerjang Dusun Garehong, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Bencana yang terjadi Senin, 31 Desember 2018 sekira pukul 17.30 WIB mengakibatkan 15 orang meninggal dunia dan 20 orang masih dilaporkan hilang.

Pantauan di lapangan, Tim SAR Gabungan dan relawan yang hendak melakukan proses evakuasi pun harus berjuang untuk menembus ke lokasi bencana. Sebab, akses jalan sulit dijangkau.

Bagi yang ingin menuju lokasi longsor di Dusun Garehong harus melewati Jalan Ciptagelar KM.01 Sinarresmi. Tak semua jenis kendaraan diperbolehkan melintas, hanya mobil yang bertipe four-wheel-drive (4WD) dan sepeda motor.

Sementara, kendaraan yang tidak memenuhi kriteria tersebut diminta mencari tempat parkir.

Beberapa lahan yang dapat bisa dipakai untuk memarkirkan kendaraan antara lain dekat kantor desa atau rumah adat Sinarresmi.

Dari situ, bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau mencari tumpangan, jaraknya kira-kira 6 kilometer. Namun, harus berhati-hati karena medan yang dilalui cukup ekstrem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Menyempit

Semakin dekat dengan titik bencana Lebar jalan semakin menyempit. Kondisinya diparah karena banyak jalan berkelok dan rusak.

Saat ini, Tim SAR Gabungan dan relawan masih mencari korban yang terimbun material longsor. Sebuah alat berat di gunakan untuk membantu proses evakuasi. Sementara itu, beberapa warga pun terlihat mengangkut sisa-sisa barang miliknya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.