Sukses

Libur Tahun Baru, TMII Padat Pengunjung

Kemacetan mulai dari Jalan TB Simatupang hingga masuk ke Jalan Mabes Hankam mengarah ke Jalan Garuda menuju Pintu 1 TMII, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Arus lalu lintas kendaraan menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur terpantau padat hingga mencapai sekitar empat kilometer.

Seperti dikutip dari Antara, Selasa (1/1/2019), kemacetan terlihat mulai dari Jalan TB Simatupang hingga masuk ke Jalan Mabes Hankam mengarah ke Jalan Garuda menuju Pintu 1 TMII, Jakarta Timur.

Mayoritas warga memilih menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat pribadi untuk menuju lokasi. Namun, tidak sedikit juga warga yang berjalan kaki menuju ke lokasi.

Kasatlantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Timin mengatakan, saat kondisi lalu lintas padat seperti pada hari libur tahun baru ini, pihaknya menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

"Artinya, rekayasa memaksimalkan jalan yang belum maksimal agar jalan menuju TMII mengalir seraya menunggu antrean masuk ke dalam TMII," ujar Timin.

Saat ini, lanjut Timin, situasinya cukup kondusif. Namun, kata dia, bila seandainya pintu utama TMII sudah penuh sesak, pihaknya akan menutup jalan.

"Kendaraan yang akan masuk ke tempat rekreasi akan kami alihkan ke pintu dua atau tepatnya lewat depan Asrama Haji Pondok Gede," ucap dia.

Ia menambahkan kendaraan dari arah Cilangkap, juga diarahkan ke Pasar Rebo agar kendaraan bisa tetap mengalir. Pihaknya juga menyiagakan 200 anggota yang disebar di beberapa titik. Mulai dari lampu merah Hek, Garuda, Tamini Square, hingga di dalam lokasi wisata TMII dijaga petugas.

Timin meminta agar warga bisa memahami kondisi yang ada. Pasalnya, ada beberapa lajur yang dialihkan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inisiatif Pengelola TMII

Selain itu, Timin juga menyarankan agar pengelola TMII mengambil inisiatif jemput bola agar pintu masuk menuju lokasi wisata tidak terjadi penumpukan.

"Pengelola bisa mengakomodir Pramuka atau gaet pihak ketiga khusus hari-hari tertentu, seperti libur tahun baru saat ini. Caranya dengan menjual tiket langsung atau menghampiri pengunjung di depan pintu masuk," pungkas Timin.

Salah satu pengunjung lokasi wisata TMII, Sutinah (55) mengatakan, Taman Mini menjadi tujuan rekreasi karena lokasinya tidak jauh dari rumah tinggalnya di sekitaran Bambu Apus, Jakarta Timur.

"Karena dekat saja mas, senang saja dengan suasana yang ramai kayak hari libur sekarang ini," kata Sutinah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.