Sukses

BNPB: Tim SAR Butuh Alat Berat untuk Cari Korban Longsor Sukabumi

BNPB mencatat 41 korban longsor Sukabumi, Jawa Barat, belum ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 41 korban longsor Sukabumi, Jawa Barat, belum ditemukan. Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pencarian dan pertolongan korban longsor Sukabumi memerlukan alat berat.

"Untuk evakuasi diperlukan alat berat," kata Sutopo dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Selasa (1/1/2019).

Namun, kata dia, akses jalan dan medan di lokasi longsor Sukabumi cukup berat. Kondisi ini menghambat pencarian korban meski alat berat sudah didatangkan.

"Cuaca hujan di lokasi kejadian. Jalanan terjal berbatu ditambah hujan menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi," ujar Sutopo.

Terlebih, listrik di lokasi kejadian juga padam, begitu pula dengan jaringan komunikasi seluler. Dalam berkomunikasi, tim di lapangan hanya bisa mengandalkan radio komunikasi/handy talkie.

Sutopo mengungkapkan, kondisi di lokasi longsor Sukabumi hingga Selasa pagi ini masih diguyur hujan rintik. Oleh karena itu, evakuasi dihentikan sementara.

"Saat ini kegiatan pencarian serta evakuasi korban terdampak longsor dihentikan, karena kondisi di lapangan diguyur hujan dan listrik padam/mati," kata Sutopo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Orang Meninggal

Menurut Sutopo, data korban meninggal sempat simpang siur karena situasi yang panik. Informasi yang beredar di lapangan dan sosial media sempat menyebutkan korban meninggal hingga delapan orang.

"Setelah diverifikasi di posko sementara, korban meninggal dunia diketahui dua orang," tutur dia.

Selain dua orang meninggal, 3 orang dilaporkan luka-luka dan 61 orang berada di pengungsian.

"Tim SAR terus melakukan pencarian korban longsor. Hingga pukul 02.30 WIB, 1 Januari 2019 tercatat 32 KK (107 jiwa) terdampak longsor, di mana 2 orang meninggal dunia, 3 orang luka-luka, 61 orang di pengungsian, dan 41 orang belum ditemukan," ujar Sutopo.

Sementara, longsor terjadi di Dusun Garehong Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Longsor terjadi pukul 17.30 WIB, Senin 31 Desember 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.