Sukses

Polisi Akan Kuras Kendaraan di Puncak Sebelum Kembali Dibuka

Tindakan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan pada saat jalur dari arah Jakarta menuju Puncak dibuka pada pukul 06.00 WIB.

Liputan6.com, Bogor - Kepolisian Resor Bogor akan mengarahkan para pengunjung untuk segera meninggalkan kawasan Puncak mulai pukul 01.00 WIB, Selasa (1/1/2019). Hal ini dilakukan untuk mengatasi kemacetan pada arus balik 2019.

"Kami akan usir pengunjung untuk meninggalkan Puncak. Terutama kendaraannya yang parkir di bahu jalan," tegas Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama, Senin (31/12/2018).

Tindakan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan pada saat jalur dari arah Jakarta menuju Puncak dibuka pada pukul 06.00 WIB.

"Kami targetkan jam 03.00 WIB pagi sudah steril. Tidak ada lagi penumpukkan kendaraan di bahu jalan," kata dia.

Berkaca pada malam pergantian tahun sebelumnya, pada saat jalur Puncak dibuka arus lalu lintas di sana macet parah. Ini diakibatkan terhalang oleh banyaknya kendaraan yang parkir di bahu jalan. Kondisi diperparah adanya sebagian pengendara yang memilih pulang bersamaan dibukanya jalur menuju Puncak.

"Karena dalam waktu bersamaan itu jadi macet. Makanya kami akan menguras kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta sebelum jalur dibuka," ucap Hasby.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditutup 12 Jam

Jalur Puncak telah ditutup pada pukul 18.15 WIB. Penutupan dilakukan langsung oleh Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri di Pos Lingga atau sebelum simpang Gadog. Sedangkan di Cianjur, jalur ditutup di kawasan Ciloto. 

Usai penutupan, jalur menuju kawasan Puncak maupun sebaliknya terpantau lengang. Jalur menuju Puncak didominasi kendaraan roda dua, sementara dari arah Cianjur sesekali dilalui kendaraan roda empat.

"Kendaraan itu yang hendak pulang ke Jakarta usai berwisata di kawasan Puncak," kata Hasby.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.