Kepulauan Seribu Jadi Tujuan Favorit Wisatawan saat Libur Akhir Tahun

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 30 Des 2018, 14:17 WIB
Diperbarui 30 Des 2018, 14:17 WIB

Fokus, Jakarta - Walaupun cuaca buruk membayangi ditambah kondisi erupsi Gunung Anak Krakatau, obyek wisata pantai di gugusan Kepulauan Seribu ternyata masih menjadi tujuan favorit wisatawan untuk mengisi liburan akhir tahun.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (30/12/2018), ratusan wisatawan terus berdatangan ke Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, pagi tadi untuk berlayar ke tujuan.

Meski merasa khawatir, para wisatawan ini meyakini pelayaran menuju tempat obyek wisata masih aman. Mereka mengaku juga terus memantau informasi cuaca dari instansi resmi pemerintah. Pulau Pari, Pulau Harapan, dan Pulau Tidung adalah pulau-pulau yang menjadi tujuan favorit para wisatawan.

Dibanding tahun sebelumnya, jumlah wisatawan menuju Kepulauan Seribu kali ini menurun drastis hingga 70 persen. Selama masa libur sekolah dan libur akhir tahun ini, jumlah wisatawan hanya berkisar antara 300 hingga 500 wisatawan setiap hari. Jumlah ini sangat jauh berbeda dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai hingga 3 ribu orang per hari. Gelombang tinggi dan erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda menjadi faktor menurunya jumlah wisatawan.

Para wisatawan diimbau tetap memperhatikan faktor keselamatan pelayaran selama menuju obyek wisata di Kepulauan Seribu. Wisatawan juga diimbau untuk tetap mengenakan jaket pelampung dan tidak merokok selama berada di atas kapal. (Muhammad Gustirha Yunas)