Sukses

1 Hari Jelang Tahun Baru, Kawasan Puncak Bogor Macet 4 Kilometer

Lalu lintas menuju kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat terus mengalami peningkatan volume kendaraan satu hari menjelang malam pergantian tahun.

Liputan6.com, Bogor - Lalu lintas menuju kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat terus mengalami peningkatan volume kendaraan satu hari menjelang malam pergantian tahun. Peningkatan kendaraan terlihat mulai dari sebelum pintu keluar Tol Ciawi hingga Simpang Pos Polisi Gadog.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengungkap terjadinya kemacetan sejak pukul 06.00 WIB dari Simpang Gadog sepanjang 4 kilometer.

"Volume kendaraan dari Jakarta mengarah ke Puncak sudah meningkat sejak pagi tadi," kata Hasby, Minggu (30/12/2018).

Peningkatan volume kendaraan terjadi karena banyaknya wisatawan yang hendak berlibur di kawasan Puncak untuk menikmati malam tahun baru. "Hotel di Puncak banyak yang menggunakan sistem paket tahun baru, dan hari ini waktu mereka check-in," ujar Hasby.

Meningkatnya volume kendaraan, menyebabkan terjadinya kemacetan di sejumlah ruas jalan di kawasan Puncak. Ada pun titik kemacetan terjadi di Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

35.367 Kendaraan

Berdasarkan data dari Jasa Marga, jumlah kendaraan yang masuk ke jalur Puncak melalui gerbang Tol Ciawi sejak Sabtu pagi hingga Minggu pagi ini tercatat 35.367 unit kendaraan. Sedang yang kembali menuju Jakarta sebanyak 26.030 unit.

Untuk mengurai kemacetan panjang jalan itu, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah (oneway) dari Jakarta menuju kawasan Puncak lebih awal dari jadwal biasanya yaitu mulai pukul 07.00 WIB.

"Karena volume kendaraan terus meningkat, kita lakukan oneway lebih cepat. Rencananya jalur ke arah Puncak ditutup sampai pukul 12.30 WIB," jelas Hasby.

*Petugas yang dikerahkan sejumlah 250* oranh terdiri dari Lantas, sabara maupun anggota Polsek ciawi, Megamendung maupun Cisarua Puncak.

Hasby juga mengimbau agar masyarakat yang hendak berwisata di kawasan Cianjur, seperti Cibodas, Ciloto, Taman Bunga maupun ke Bandung dan sekitarnya untuk menggunakan jalur alternatif via Jonggol maupun Sukabumi karena lebih cepat.

Hal ini dilakukan untuk menghindari jika suatu saat terjadi kemacetan parah. Apalagi malam ini akan ada kegiatan keagamaan di Masjid Atta Awun Puncak mulai pukul 20.00-01.00 WIB.

"Diharapkan masyarakat menghindari jalur tersebut karena akan terjadi kepadatan. Gunakan jalur altenatif yang disiapkan oleh petugas (Jonggol dan Sukabumi)," ujar Hasby

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.