BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi di Pesisir Pantai Papua dan Banyuwangi

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 30 Des 2018, 08:04 WIB

Liputan6.com, Papua - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan peringatan bagi nelayan dan warga pesisir pantai serta pelayaran di wilayah Merauke, Papua.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (30/12/2018), mulai hari Minggu ini diperkirakan ada gelombang setinggi lebih dari 4 meter disertai angin kencang, hujan dan petir.

Ratusan perahu nelayan di pesisir Pantai Lampu Satu Merauke sudah lima hari hanya tertambat di sekitar pantai. Nelayan takut melaut karena peringatan dari BMKG mengenai adanya terjangan ombak yang mencapai lebih dari 4 meter.

BMKG juga memperingatkan warga di pesisir pantai agar mewaspadai banjir air pasang atau rob yang mungkin terjadi akibat cuaca buruk.

Peringatan serupa juga dikeluarkan oleh BMKG pada Sabtu sore untuk wilayah di perairan pesisir Banyuwangi, Jawa Timur. BMKG mengimbau nelayan untuk tidak melaut dalam sepekan ke depan karena gelombang tinggi dan angin kencang masih akan terus terjadi di perairan selatan Jawa.

Sementara, wisatawan yang akan menghabiskan waktu liburan akhir tahun di kawasan pantai juga diimbau untuk selalu waspada dan tidak berenang ke tengah laut. Apalagi, sejak sepekan terakhir wilayah Banyuwangi sudah mulai dilanda hujan dan angin kencang di berbagai tempat. (Muhammad Gustirha Yunas)