Sukses

Kerikil Letusan Gunung Anak Krakatau Sampai ke Pulau Seribu

Surya menyebut krikil yang ada di sekitar Pulau sebesar biji kacang hijau dan datang melalui perairan bukan lewat udara.

Liputan6.com, Jakarta - Embusan abu vulkanik Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda beberapa hari belakangan sudah sampai ke perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

Koordinator Pesisir Lingkungan Hidup Pulau Seribu, Surya Ismail menyatakan, dua pulau yakni Pulau Harapan dan Pulau Kepala dipenuhi material Gunung Anak Krakatau berupa kerikil.

“Di Pulau Harapan sudah agak menipis sementara yang agak tebal di Pulau Kepala. Terus terang ini pertama kali menerima kiriman kerikil,” kata Surya saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (29/12/2018).

Surya menyebut kerikil Gunung Anak Krakatau yang ada di sekitar Pulau sebesar biji kacang hijau dan datang melalui perairan bukan lewat udara.

“Datang dari tanggal 26 pagi, sudah tiga hari. Ini pecahan kerikil seperti kacang hijau terapung di laut bukan dari udara,” ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerikil 95 Kubik

Surya mengatakan pihaknya sudah membersihkan kerikil sebanyak 95 kubik di Pulau Harapan.

“Pulau Kelapa sudah seratus kubik lebih,” katanya

Meski dikepung banyak kerikil, Surya menyebut kerikil itu tidak mengganggu aktivitas warga maupun nelayan.

“Kerikil terus terang enggak mengganggu, nelayan juga enggak (terganggu). Nelayan terganggu dengan ecek gondok,” ucap dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.