2 Hari Jelang Malam Tahun Baru, Kawasan Puncak Bogor Diserbu Wisatawan

Oleh Achmad Sudarno pada 29 Des 2018, 09:16 WIB
Diperbarui 29 Des 2018, 09:16 WIB
Puncak Bogor
Perbesar
Jelang malam tahun, jalur Puncak Bogor diserbu wisatawan. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Dua hari menjelang pergantian tahun 2019, kondisi lalu lintas menuju kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, mulai mengalami peningkatan arus kendaraan.

Antrean kendaraan dari Jakarta menuju Puncak Bogor mengular selepas pintu keluar Tol Ciawi hingga Simpang Pos Polisi Gadog.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan, kemacetan sepanjang 2 kilometer terjadi sejak pukul 06.00 WIB dan masih berlangsung hingga pukul 08.00 WIB. Antrean didominasi kendaraan pribadi dan pariwisata.

"Ini terjadi karena kawasan Puncak masih menjadi tempat favorit wisata bagi masyarakat," kata Hasby, Sabtu (29/12/2018).

Tidak hanya itu, kemacetan juga terjadi di sepanjang Jalur Puncak di antaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

"Simpul- simpul kemacetan di sejumlah harus itu harus diwaspadai oleh para pengguna jalan," terang Hasby.

Untuk mengurai kemacetan di kawasan Puncak, pihak kepolisian memberlakukan sistem satu arah (oneway) dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak Bogor lebih awal dari jadwal biasanya yaitu mulai pukul 07.00 WIB.

"Tadi kita sudah lakukan satu arah ke atas (Puncak) lebih awal karena volume kendaraan terus meningkat. Satu arah ini kita lakukan sampai pukul 12.30 WIB namun sifatnya situasional," jelas Hasby.

 

250 Petugas Dikerahkan

Puncak Bogor
Perbesar
Jelang malam tahun, jalur Puncak Bogor diserbu wisatawan. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Selain itu, sebanyak 250 petugas terdiri dari Lantas, Sabara maupun anggota Polsek ciawi, Megamendung maupun Cisarua Puncak dikerahkan guna mengatur lalu lintas.

Hasby juga mengimbau agar masyarakat yang hendak menuju kawasan wisata di daerah Cianjur seperti Cibodas, Ciloto, Taman bunga maupun ke Bandung dan sekitarnya untuk menggunakan jalur alternatif via Jonggol maupun Sukabumi karena lebih cepat

"Himbauan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur menggunakan jalur alternatif melalui jalur Jonggol Cileungsi dan Cibubur dengan jarak 86 kilometer maupun Tol bocimi via sukabumi," tutupnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓