Sukses

Ini yang Dibutuhkan Pengungsi Korban Tsunami Selat Sunda

Jumlah pengungsi korban tsunami Selat Sunda ada 40.386 orang yang tersebar di beberapa wilayah.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus mengevakuasi korban tsunami Selat Sunda. Berdasarkan data terakhir BNPB, jumlah korban meninggal dunia ada 426 orang.

Para korban selamat pun hingga saat ini masih berada di tempat pengungsian. Jumlah pengungsi korban tsunami Selat Sunda ada 40.386 orang yang tersebar di beberapa wilayah, antara lain Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus, dan Pesawaran.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho, ada beberapa keperluan yang dibutuhkan oleh pengungsi tsunami Selat Sunda.

Selain alat berat untuk evakuasi, bahan kebutuhan sehari-hari juga dibutuhkan.

"Bahan kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan, seperti makanan, air bersih, sanitasi, layanan kesehatan, selimut, tikar, tenda keluarga, sandang, peralatan dapur, pembalut, peralatan bayi, makanan penambah gizi, family kit, dan lain-lain," ujar Sutopo melalui siaran pers di Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Selain itu juga, ucap dia, tenda pengungsi dibutuhkan untuk para korban selamat tsunami Selat Sunda. Lalu, kata Sutopo, tempat MCK, tenaga medis, genset, dan BBM.

"Trauma healing dan kantong jenazah juga diperlukan (untuk korban tsunami Selat Sunda)," jelas Sutopo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Kabupaten Terdampak Tsunami

Tsunami Selat Sunda terjadi akibat aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau pada Sabtu, 22 Desember 2018.

Lima kabupaten di dua provinsi terdampak tsunami tersebut, yaitu Pandeglang dan Serang di Provinsi Banten serta Lampung Selatan, Pesawaran, dan Tanggamus di Provinsi Lampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.