Sukses

Top 3 News: Usai Erupsi Akankah Abu Vulkanik Anak Gunung Krakatau Capai Jakarta?

Top 3 news, ada harapan luas sebaran abu vulkanik Gunung Anak Krakatau berkurang. Pasalnya, hujan tengah mengguyur sekitar gunung yang menyebabkan terjadi tsunami di Selat Sunda.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, pascaerupsi dan picu tsunami Selat Sunda, ketinggian semburan abu vulkanik Gunung Anak Krakatau mencapai 10 kilometer dari permukaan laut.

Imbasnya warga di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, dan Serang terus dihujani abu Gunung Anak Krakatau. 

Apakah sebaran abu vulkanik bisa mencapai Jakarta? Menurut Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lutfi Fitriano, wilayah yang terdampak hanya terjadi di sekitar Serang sampai Cilegon.

"Abu vulkanik belum masuk ke wilayah Jakarta. Wilayah sebarannya lebih ke Selat Sunda bagian selatan," kata Lutfi.

Sementara itu, para pendiri dari Partai Amanant Nasional (PAN) meminta mantan Ketua Umum partai berlambang matahari terbit, Amien Rais mundur. Amien yang kini menduduki petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai tidak becus merawat PAN.

Menurut Goenawan Mohamad, Amien bahkan telah membawa partai yang dipimpinnya terancam tak meraih ambang batas pada Pemilu 2019 atau threshold.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 27 Desember 2018:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Berharap Hujan Kurangi Sebaran Abu Vulkanik Gunung Anak Krakatau

Abu vulkanik Gunung Anak Krakatau terus menghujani Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan Kota Serang. Abu gunung berapi berbahaya bagi kesehatan ketika masuk ke saluran pernapasan dan mata.

Namun, ada harapan luas sebaran abu vulkanik Gunung Anak Krakatau berkurang. Pasalnya, hujan tengah mengguyur sekitar gunung yang masih dalam proses bertumbuh itu.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lutfi Fitriano berharap hujan ini bisa mengurangi dampak semburan abu vulkanik Gunung Anak Krakatau, yang ketinggiannya mencapai 10 kilometer dari permukaan laut (DPL).

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Cerita Goenawan Mohamad soal PAN dan Amien Rais

Para pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Goenawan Mohamad, Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Toeti Heraty, dan Zumrotin, membuat surat terbuka untuk Amien Rais. Mereka meminta Amien Rais mundur dari partai berlambang matahari terbit itu.

Lalu, kenapa baru sekarang ini dia dan kawan-kawannya bersikap?

Menurut dia, Amien Rais tak becus merawat PAN. Ketidakmampuannya ini membuat partai yang sekarang dipimpinan Zulkifli Hasan itu, terancam tak meraih ambang batas pada Pemilu 2019 atau threshold.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Baliho Tsamara Amany Disegel Objek Pajak, Ini Kata PSI

Sebuah baliho bergambar Ketua DPP PSI Tsamara Amany tersegel objek pajak di salah satu sudut kota Jakarta.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni menjelaskan baliho PSI di tiap sudut kota Jakarta dipasang secara kolektif oleh partai. Karenanya, pihak partai heran mengapa gambar penyegelan yang beredar hanya baliho Tsamara saja.

Menurut Toni, PSI tak ada masalah dengan vendor. Pihaknya mengaku sudah melunasi administrasi kepada vendor baliho tersebut.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.