Mensos: Area Terdampak Tsunami Berhasil Diakses, Distribusi Bantuan Lancar

Oleh Liputan6.com pada 27 Des 2018, 14:00 WIB
Pandangan Udara Kerusakan Terparah Akibat Tsunami Selat Sunda

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan semua daerah terdampak tsunami Selat Sunda berhasil diakses. Tak ada lagi daerah yang terisolasi.

Hal itu memudahkan distribusi bantuan baik ke area terdampak tsunami di Banten maupun di Lampung Selatan.

"Berkaitan dengan titik-titik terdampak, saya kira per kemarin saya bisa sampaikan semua sudah bisa diakses. Jadi kalau ada info ada daerah yang belum disentuh, saya kira itu info yang harus kita cermati," kata Mensos Agus saat ditemui di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Agus mengungkapkan. jajarannya terjun langsung ke lapangan untuk memastikan distribusi bantuan merata. Ia menambahkan, Pemerintah daerah (Pemda) Banten dan Pemda Lampung Selatan telah mengajukan tanggap darurat selama 14 hari.

Dalam periode waktu tersebut, dia memastikan pemerintah akan memenuhi semua kebutuhan para pengungsi korban tsunami.

"Kita harus memastikan bahwa segala macam kebutuhan dasar, kebutuhan pokok dari masyarakat yang terdampak dari bencana tersebut harus tersedia," dia menambahkan.

Bantuan tersebut diantaranya makanan, selimut, tenda hingga pakaian serta pakaian dalam. "Agar mereka paling tidak bisa merasa lebih nyaman ketika mereka ada di pengungsian," dia berujar.

 

2 of 2

Apresiasi Bantuan

Mensos Agus juga mengapresiasi bantuan yang berasa dari luar lembaga pemerintah. Para relawan bahkan sudah ada di lokasi bencana sejak hari pertama dan terus membantu korban hingga hari ini.

"Yang membuat kami bangga yaitu di lapangan banyak sekali teman-teman kita yang bukan berasal dari pemerintah ya, berasal dari LSM, dari relawan dan lain sebagainya yang hadir. Itu menunjukan nilai-nilai kesetiakawanan di negara kita tuh masih tinggi," Agus memungkasi.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓