Sukses

Kapolri: Jumlah Polwan Hanya 8,3 Persen, Saya Belum Puas

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyoroti minimnya personel Polwan di jajaran kepolisian.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyoroti minimnya personel Polwan di jajaran kepolisian. Hal itu disampaikannya pada acara Rilis Akhir Tahun Mabes Polri 2018.

"Polwan cuma 36.595 atau 8,3 persen. Saya pribadi belum puas dengan angka ini," tutur Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018).

Menurut Tito, jumlah tersebut menggambarkan belum tercapainya prinsip kesetaraan emansipasi di tubuh Polri. Padahal, Polwan memiliki andil besar dalam berbagai aktivitas kepolisian, termasuk proses penegakan hukum.

Polwan, ungkapnya, punya kecenderungan mudah dekat secara emosional kepada korban, saksi, hingga pelaku khususnya sesama gender dalam upaya penanganan kasus.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebal Korupsi

"Dan (Polwan) lebih bisa kebal terhadap budaya koruptif," ujar dia.

Tito pun berencana menaikkan rekrutmen Polwan di tahun-tahun selanjutnya. Terlebih, jumlah penduduk Indonesia juga mayoritas perempuan.

"Sehingga prinsip equality dan Indonesia banyak didominasi oleh wanita ini bisa lebih baik," Tito menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.